Lakukan Mitigasi Bencana Alam, Pertamina Berikan Sosialisasi Kepada Masyarakat Kelurahan Talang Jambe

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Sebagai bentuk kepedulian serta mewujudkan masyarakat yang tanggap dan siaga terhadap bencana, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel melalui Aviation Fuel Terminal Sultan Mahmud Badaruddin II (AFT SMB II) memberikan sosialisasi kebencanaan serta penanganan penyakit pasca bencana di Kelurahan Talang Jambe, Rabu (7/2).

Sosialisasi kebencanaan dan penanganan penyakit pasca bencana disampaikan langsung oleh Basarnas Kota Palembang, Secho Aprika Berli, dan salah satu Dokter Medical Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel, dr. Rudi Chairuddin.

Dalam sosialisasi ini, masyarakat diberikan edukasi tentang langkah awal yang harus dilakukan saat menghadapi bencana yang rawan terjadi di sekitar Kelurahan Talang Jambe diantaranya banjir, angin puting beliung, dan kebakaran.

Selain itu, masyarakat juga diberikan pengetahuan untuk melalukan pertolongan pertama apabila terdapat korban sebelum dilakukan evakuasi, hingga tindakan serta bagaimana cara menghadapi penyakit yang menyerang anak-anak maupun orang dewasa pada saat pasca bencana.

Pjs Aviation Fuel Terminal Manager SMB II, F. X Arianto mengatakan kegiatan sosialisasi ini sangat penting diberikan kepada masyarakat khususnya wilayah Talang Jambe, karena apabila berkaca dari cuaca ekstrim serta musim pancaroba yang dihadapi saat ini.

“Sosialiasi tersebut merupakan bentuk kepedulian Pertamina kepada masyarakat di sekitar Ring 1 wilayah kerja, untuk mendapatkan pembinaan terkait cara menanggapi potensi bencana hingga upaya mencegah terjadinya penyakit pasca bencana,” kata Arianto.

Kegiatan tersebut disambut dengan antusias oleh masyarakat serta mendapat dukungan penuh dari pemerintah setempat salah satunya Ashrahuddin, Lurah Talang Jambe.

“Kami sangat berterima kasih, karena melalui kegiatan ini masyarakat dapat teredukasi serta meningkatkan kesadaran terkait tanggap dalam kebencanaan serta penanganan penyakit pasca bencanan,” ujar Ashrahuddin.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel, Tjahyo Nikho Indrawan mengatakan Sosialisasi Kebencanaan serta Penanganan Penyakit Pasca Bencana juga menjadi rangkaian kegiatan di Bulan K3 Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel khususnya AFT SMB II.

“Dalam mengingatkan aspek keselamatan dan kesehatan kerja selain kepada seluruh pekerja yang ada di wilayah lingkungan perusahaan, tetapi menjadi peran penting Pertamina dalam memberikan edukasi kepada masyarakat sekitar tentang pentingnya keselamatan dan kesehatan diri khususnya saat terjadi bencana, agar dapat saling melindungi dan menekan kuantitas korban,” tutup Nikho.(adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini