Leher Tegang Habis Makan Daging Kurban, Amankah Minum Statin Tanpa Resep Dokter?

25
Jakarta – Sehabis kalap melahap hidangan daging kurban di momen Idul Adha, beberapa orang langsung mencari beragam cara untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Sebab sudah menjadi rahasia umum, makanan berbahan daging sapi dan kambing dapat memicu peningkatan kadar kolesterol.

Beberapa orang terbiasa mengandalkan obat statin untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Padahal menurut dokter, obat ini bukan untuk dikonsumsi sembarangan, melainkan memerlukan resep dokter.

“Terkait dengan kadar kolesterol yang naik setelah makan daging-dagingan, sebenarnya nggak cocok kalau kita hanya mengandalkan statin,” ungkap spesialis penyakit dalam dari Junior Doctor Network Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir Haruni atau yang bisa disapa dr Koko kepada detikcom, Kamis (29/6/2023).

“Karena sebenarnya statin itu dia butuh angka tertentu, kemudian dia tidak bekerja hari itu juga pada saat dia dikonsumsi,” ujarnya lebih lanjut.

Alih-alih mengandalkan konsumsi obat statin untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, dr Koko menganjurkan masyarakat untuk memperhatikan cara mengolah atau memasak daging. Misalnya, dengan tidak menggunakan terlalu banyak minyak dan lemak.

“Sehingga yang dikonsumsi benar-benar pure dagingnya, di mana dia sudah ada komposisi protein, lemak, dan karbohidrat,” beber dr Koko.

Selain itu, ia juga mengingatkan masyarakat untuk memperbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan untuk menjaga kadar kolesterol. Jika diperlukan, masyarakat juga boleh mencoba bahan tanaman herbal.

“Juga mungkin dengan tanaman herbal tradisional tertentu yang mungkin bisa membantu punya khasiat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol. Meskipun tidak terlalu signifikan,” pungkas dr Koko.

(vyp/detik)





25 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini