Masih Gratis, Ruas Tol Trans Sumatera Ini Dipadati Pengendara

28
Foto: Dok. Hutama Karya (Persero)
Jakarta – Tiga pekan sejak dioperasikan mulai Jumat (10/11), PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Marga Waskita (Hamawas) mencatat minat masyarakat yang tinggi untuk melintas di Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi Tebing Tinggi-Indrapura, dan Tol Indrapura-Kisaran seksi Indrapura-Lima Puluh.

Total Volume Lalu Lintas (VLL) hingga Kamis (30/11) di Tol Tebing Tinggi-Indrapura tercatat mencapai 142.744 kendaraan. Sementara VLL yang melintas di Tol Indrapura-Lima Puluh hingga Rabu (06/12) tercatat mencapai 171.549 ribu kendaraan. Khusus di Tol Indrapura-Lima Puluh angka ini lebih tinggi dari prediksi yakni 78.000 kendaraan.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Tjahjo Purnomo mengatakan, Tol Indrapura-Lima Puluh per harinya dilalui sebanyak hampir 7.000. Jumlah tersebut melebihi target yang sebesar 3.000 kendaraan per hari.

“Penyumbang terbesar trafik kendaraan yang melintas yaitu jenis kendaraan logistik yang melintas dari dan ke arah Kuala Tanjung menuju daerah sentra produksi. Hal ini juga menunjukkan Willingness to Pay (WTP) yang cukup tinggi pada jalan tol yang dioperasikan tersebut,” tutur Tjahjo dalam keterangannya, Sabtu (9/12/2023)

Tjahjo menyampaikan bahwa selama masa sosialisasi tanpa tarif ini, Hutama Karya mencatat nihil kecelakaan atau fatalitas yang terjadi. Serta belum ditemukan adanya pelanggaran maupun keluhan yang berarti dari pengguna jalan tol.

“Kami telah melakukan sosialisasi secara masif di berbagai kanal komunikasi, baik di media sosial, media luar ruang dan media konvensional. Selain itu, jalan tol ini juga bukan yang pertama di Sumatera Utara, sehingga masyarakatnya sudah cukup terbiasa, kami berharap SK penetapan tarif dapat segera keluar sehingga 2 (dua) ruas tersebut dapat segera ditetapkan tarif,” ujar Tjahjo.

Audy Hasibuan, pengguna jalan tol asal kota Medan juga merasakan langsung dampak positif dari beroperasinya 2 (dua) ruas ini. Ia juga menyebut waktu tempuh perjalanan menjadi lebih singkat.

“Kebetulan sanak saudara saya banyak yang di daerah Lima Puluh sana, jadi sekarang lebih cepat sejak dibukanya Tol Tebing Tinggi-Indrapura dan Indrapura-Lima Puluh, sebelumnya lebih dari 1,5 jam, jadi cuman 20 menit aja,” imbuhnya.

(ily/hns/detik)





28 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini