Mawardi Berharap Pendamping Desa Harus Kreatif serta Bermanfaat

0

Palembang, rakyatpembaruan.com –
Wakil Gubernur Sumatera Selatan H. Mawardi Yahya berharap para pendamping desa benar-benar dan harus aktif dan bermanfaat bagi desa, ada kreasi serta keberadaan Pendamping Desa perlu terus ditingkatkan dengan diberikan pelatihan dan edukasi.

Hal tersebut diutarakannnya pada saat acara Pembukaan Sosialisasi Pemendes PDTT nomor 13 Tahun 2020 dan Konsultasi Publik Rancangan Peraturan Pemerintah tentang BUMDes bertempat di Hotel Swarna Dwipa, Senin (7/12/2020)

“Melalui Sosialisasi Permendes nomor 13 Tahun 2020 kita tingkatkan kualitas Bumdes Menuju Sumsel Untuk Semua” ujar Wagub Marwadi Yahya (MY).

Jelas Mawardi , peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang didukung dengan berbagai kegiatan pelatihan yang dapat menggali segala potensi pemuda dan masyarakatnya.

Termasuk juga pelatihan wirausaha yang mendorong mereka membangun ekonomi kreatif dari desa, sehingga dari potensi-potensi yang sudah terbentuk dapat juga didorong untuk mengembangkan BUMDes dengan memanfaatkan segala peluang dari desa.

” Tidak hanya dalam pembangunan fisik tapi lebih dari membangun fisik yaitu membangun sumber daya manusianya” tutupnya

Sementara itu, Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Pendidikan dan Pelatihan, dan Informasi (Balilatfo), Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Ir. Eko Sri Haryanto, M.M, mengatakan kunci keberhasilan untuk menguatkan ekonomi desa adalah dengan pengelolaan badan usaha milik desa (BUMDes) yang baik dan benar.

“Jika BUMDes mampu mengelola potensi ekonomi dan sumber daya dengan baik, maka kesejahteraan pasti tercapai. Saya yakin bahwa BUMDes adalah kunci dalam mempercepat peningkatan ekonomi dari desa,” ujarnya

Dalam kesempatan itu Wagub Mawardi memberi penghargaan Lomba Kelompok Pengelola Sarana Penyediaan Air Minum dan Sanitasi (KP-SPAMS). SPAMS AWARD, Peringkat Pertama diraih Kabupaten Musi Rawas, peringkat II Kab. Muara Enim dan peringkat III diraih Kab. Ogan Ilir

Turut hadir Ka. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumsel H. Wilson., S.Sos., M.M dan para peserta sosialisasi.(adi)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini