Menhan Prabowo Siapkan RS TNI Tampung Pasien dari Palestina

28
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (Rizky Adha Mahendra/detikcom)
Jakarta – Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto turut mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pengiriman bantuan untuk Gaza, Palestina. Dia mengatakan bahwa pihaknya terus berkoordinasi untuk memperlancar bantuan tersebut hingga sampai ke Gaza.

“Untuk memperlancar, membantu koordinasi dan sebagainya. Kita terus koordinasi, saya undang Duta Besar Mesir sama Palestina untuk koordinasi bantuan-bantuan selanjutnya,” kata Prabowo kepada wartawan di Bandara Halim Perdanakusuma, Sabtu (4/11/2023).

Prabowo membuka seluruh rumah sakit TNI untuk pasien-pasien dari Gaza. Hal ini juga telah ia koordinasikan dengan Dubes Palestina untuk Indonesia.

“Tadi saya sudah sampaikan ke Duta Besar Palestina, kita membuka semua rumah sakit TNI untuk siap menerima pasien-pasien dari Palestina,” ucapnya.

“Ini sudah kita sampaikan, karena itu kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang berkuasa di situ, utama Mesir dan negara-negara lain untuk memungkinkan korban-korban yang bisa kita evakuasi,” sambungnya.

Selain itu, Prabowo menyebut akan berkoordinasi dengan pihak Mesir untuk mengirim kapal rumah sakit. Dia mengatakan pihaknya akan terus bersiaga memberi bantuan yang diberikan.

“Kemudian juga kita akan koordinasi dengan pihak Mesir, TNI juga siap mengirim kapal rumah sakit,” sebutnya.

Indonesia Kirim 51,5 Ton Bantuan

Diketahui, Jokowi memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Palestina di Halim Perdanakusuma. Total ada 51,5 ton bantuan akan dikirimkan ke Palestina lewat Mesir.

“Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza, ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan 3 pesawat, dan berisi 51,5 ton bantuan,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan bantuan ini merupakan bantuan tahap pertama. Dia menyebut bantuan berisi bahan makanan hingga alat-alat medis.

“Berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya yang telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza. Dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses dipersiapkan,” ucapnya.

(rdh/isa/detik)





28 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini