Mitra Binaan Kilang Pertamina Plaju Raih Penghargaan Kalpataru Provinsi Sumsel

0

Palembang, rakyatpembaruan.com—
PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju terus berkomitmen mendukung program pelestarian lingkungan.

Salah satunya, dengan menghadirkan sosok _local hero_ yang memberi dampak positif pada lingkungan di sekitarnya. Sebut saja, sosok Chairul Bahri atau Elonk yang menjadi pahlawan lingkungan di Lorong Mari, Kelurahan Tanjung Bubuk, Kecamatan Plaju, Kota Palembang.

Bukan hanya memberikan kontribusi positif bagi lingkungan sekitar tempat tinggalnya, Elonk pun diganjar penghargaan Kalpataru tingkat provinsi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan Sumsel.

Gubernur Sumsel, Herman Deru mengapresiasi individu dan lembaga yang berkomitmen menjaga kelestarian lingkungan.

Menurutnya, penghargaan yang diberikan pemerintah provinsi Sumsel kepada personal atau lembaga yang dinilai secara objektif.

“Penghargaan ini penting karena semua punya tanggung jawab mulai dari menjaga emisi gas buang, sampah dan termasuk reboisasi dan normalisasi air sungai untuk kepentingan anak dan cucu di masa depan,” ujarnya pada Penyerahan Penghargaan Bidang Lingkungan Hidup kepada Penggiat Lingkungan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) Tingkat Provinsi Sumatra Selatan Tahun 2022, Sabtu (27/8).

Melalui program _Corporate Social Responsibilty,_ (CSR) Kilang Pertamina Plaju juga terus mendorong lahirnya lebih banyak lagi sosok yang bisa memiliki andil besar dalam perubahan sosial dan lingkungan.

Area Manager Communication, Relations & CSR Kilang Pertamina Plaju, Siti Rachmi Indahsari mengatakan, Elonk merupakan sosok inspiratif yang mampu mengubah citra kawasan Lorong Mari yang mulanya kampung kumuh menjadi lebih indah.

“Kak Elonk ini bukan hanya seniman yang kreatif dan peduli lingkungan. Karyanya bukan hanya untuk dirinya sendiri, tetapi untuk warga di sekitarnya,” katanya.

Penghargaan yang diraih Elonk dinilai dapat meningkatkan semangat inovasi dan cinta lingkungan bagi banyak pihak, terutama untuk tetap melakukan upaya positif di tengah ancaman kerusakan lingkungan.

“Harapannya, kak Elonk bisa menjadi inspirasi untuk kita semua, peduli terhadap keberlangsungan lingkungan sekitar kita. Kami, sebagai entitas bisnis, tentunya akan terus berkomitmen mendukung gerakan positif seperti ini” jelas Rachmi.

*Demi Kebaikan Masyarakat*

Chairul Bahri atau akrab disapa Elonk merupakan mitra binaan Kilang Pertamina Plaju.

Elonk menjadi yang mulanya hanya dikenal sebagai ketua Rukun Tetangga (RT) 02 Kelurahan Talang Bubuk hingga kemudian dia aktif menggerakkan masyarakat di sekitar lokasi rumahnya untuk berinovasi.

Kala itu pada tahun 2018 dia mempercantik kawasan kumuh tersebut dan memberdayakan masyarakat sekitar lewat program inovasi sosial Mari Berkreasi antara lain, budidaya sayuran perkotaan _(urban farming)_ , budidaya ikan perkotaan _(urban fishing)_ , bengkel daur ulang, serta sentra olahan kemplang.

Program Mari Berkreasi yang bersninergi dengn kelurahan Plaju Ulu dan kecamatan Plaju ini kemudian berkembang menjadi lokasi Program Kampung Iklim (Proklim) Utama pada tahun 2020. Hingga kini program Mari Berkreasi dan proklim masih berjalan dan memberikan inspirasi positif bagi kampung-kampung lainnya. Pada tahap awal hanya ada satu lokasi proklim utama, kemudian terdapat tiga lokasi menjadi Proklim Utama di Kecamatan Plaju.

Sebagai _local hero_ dari kelurahan Talang Bubuk Elonk pun telah menginspirasi 10 lokasi lainnya untuk turut aktif dalam Proklim untuk menyelamatkan lingkungan di Kecamatan Plaju secara luas.

Pada awal pandemi, dia pun mengajak serta masyarakat untuk melakukan program Kampung Siaga Covid-19. Selain itu, bersama rekannya, Tahyuddin, ia aktif sebagai Satgas Patra Siaga dengan mengoperasikan Motor Siaga Damkar Wak Jago (Waspada Kebakaran Ayo Jago Tetanggo).

Elonk pun merasa begitu bahagia dengan penghargaan Kalpataru yang diterimanya. Dia berkali-kali mengucap syukur dan mengungkapkan rasa tak percaya.

“Penghargaan ini adalah penghargaan untuk semua karena ini adalah kerja tim. Terima kasih kepada Pertamina RU III yang selalu membantu dan mendukung penuh semua kegiatan dan inovasi-inovasi yang dibuat untuk kebaikan masyarakat,” kata Elonk.

*Selaras dengan Tiga Tujuan SDGs*

Upaya Kilang Pertamina Plaju dalam program inovasi sosial Mari Berkreasi dan ini, Kilang Pertamina Plaju juga turut berkontribusi dalam pencapaian target Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau SDGs _(Sustainable Development Goals)_ tahun 2030, di antaranya tujuan kesembilan yaitu membangun infrastruktur yang tahan lama, mendukung industrialisasi yang inklusif dan berkelanjutan dan membantu perkembangan inovasi dan tujuan kesebelas yaitu menjadikan kota dan pemukiman inklusif, aman, tangguh dan berkelanjutan.

Selain itu, upaya ini juga sesuai dengan tujuan ke-15 poin 5 yaitu melakukan tindakan cepat dan signifikan untuk mengurangi degradasi habitat alami, menghentikan kehilangan keanekaragaman hayati, dan melindungi dan mencegah lenyapnya spesies yang terancam punah.

Dengan demikian pula, Kilang Pertamina Plaju telah berhasil menjaga hubungan sosial dengan masyarakat melalui pemenuhan aspek sosial dan lingkungan sesuai kriteria ESG _(Environmental, Social, & Governance)_ dalam menciptakan masyarakat tangguh.

(adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini