Pagi Ini Warga Muhammadiyah Gelar Salat Idul Adha

0
Foto: Suasana Salat Idul Adha (Rizky-detikcom)
Suasana Salat Idul Adha (Nahda/detikcom)

Jakarta – Muhammadiyah menetapkan 10 Zulhijah 1443 Hijriah atau Hari Idul Adha jatuh pada hari ini, 9 Juli 2022. seperti terlihat di lapangan sempur Bogor, Masjid Nurul Alam, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, warga menggelar ibadah salat Idul Adha berjemaah hari ini.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (9/7/2022), jemaah mulai berdatangan ke masjid pada pukul 06.30 WIB. Suara takbir terus terdengar melalui pengeras suara.

Terlihat sejumlah petugas berjaga di sekitar area Masjid Nurul Alam. Lalu lintas terlihat tampak padat lantaran karena banyak jemaah yang menyeberang menuju Masjid Nurul Alam dan adanya mobil serta motor yang parkir di bahu jalan.

Seorang jemaah bernama Nina (43) mengaku senang dapat kembali melaksanakan salat Idul Adha. Dia bercerita sempat mencari daftar masjid yang menggelar Salat Idul Adha hari ini di media sosial.

“Senang ya alhamdulillah bisa ngerasain salat Idul Adha bareng-bareng. Kemarin sempat lihat dulu di internet masjid mana saja yang gelar salat hari ini. Alhamdulillah ada yang deket rumah,” jelas Nina.

Nina berharap pelaksanaan salat Idul Adha dapat dilaksanakan dengan lancar, mengingat pelaksanaan salat Idul Adha tahun lalu berlangsung di tengah masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

“Ya semoga lancar-lancar ya. Kalau kemarin kan masih PPKM tuh. Ini kan sudah ada kelonggaran dari pas Lebaran kemarin. Ya semoga bisa seterusnya kayak gini,” ujar Nina.

Jemaah Salat Id Padati Lapangan Sempur Kota Bogor

Salah satu tempat pelaksanaan salat Idul Adha di Kota Bogor ada di Lapangan Sempur. Jemaat telah memadati kawasan Lapangan Sempur.

Pantauan detikcom di lokasi, Sabtu (9/7/2022) pukul 06.55 WIB, jemaat sudah hampir memenuhi Lapangan Sempur. Masih ada jemaat yang berdatangan.

Jemaat nampak berdatangan dengan berjalan kaki dari arah Istana Bogor. Sejumlah kantung parkir kendaraan di sekitar lokasi sudah disiapkan.

Salah satu warga Vila Bogor Indah, Lestari (42) memilih salat di Lapangan Sempur, sebab dia hanya tahu di sini yang menggelar salat Id.

“Hari ini taunya di sini aja, selebihnya nggak tahu,” katanya saat ditemui di Lapangan Sempur.

Senada dengan Lestari, warga Bogor lainnya, Amir (69) memilih salat Id di Lapangan Sempur, karena dia hanya tahu di sini lokasi yang menggelar salat Id. Meski dia datang jauh dari Sentul.

“Karena hanya di sini, yang lain pada besok. Makanya saya kejar di sini. Tadi dari rumah jam 06.00 WIB,” ungkapnya.

Jemaat nampak khidmat mendengarkan ceramah dari khatib. Sebagian jemaat yang datang nampak mencari tempat untuk salat.

Lalu lintas di Jalan Jalak Harupat sendiri nampak tersendat. Sebab, sebagian ruas jalan digunakan untuk parkir jemaat yang salat.

Kendaraan melaju dengan pelan di sekitar Lapangan Sempur. Nampak petugas Dinas Perhubungan membantu mengatur lalu lintas.

(dwia/dwia/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini