Pemerintah Siapkan Rp 350 Milyar, Subsidi 50 Ribu Motor Listrik

0
Motor listrik Honda di IMOS 2022 Foto: Ridwan Arifin/detikOto
Jakarta – Kementerian Perindustrian menyiapkan Rp 350 miliar untuk dana bantuan program pembelian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) roda dua alias motor listrik. Anggaran tersebut untuk 2024 nanti.

Targetnya adalah untuk penyediaan 50 ribu unit motor listrik.

“Kita ada sekitar Rp 350 miliar untuk kelanjutan bantuan pemerintah pembelian EV roda dua. Roda dua aja, roda empat belum dibahas. Sekitar 50 ribu unit motor listrik roda dua,” ujar Menteri Perindustrian Agus Gumiwang usai rapat bersama Komisi VII DPR, Jakarta, Senin (12/6/2023).

Nilai anggaran tersebut turun dari target tahun ini sebanyak 200 ribu unit dengan total anggaran sebesar Rp 1,4 triliun. Meski demikian, menurut Agus Gumiwang, yang terpenting bukan besarannya melainkan upaya dalam mengubah mindset.

“Ini kan bantuan pemerintah. Jadi masalahnya bukan berapa nilainya, tapi bantuan pemerintah kita berikan bahwa yang terpenting di sini adalah kita mengubah mindset, kultur dari masalah di Indonesia. Pentingnya melakukan transformasi ke kendaraan listrik,” kata Agus.

Agus menambahkan besaran anggaran tersebut masih berkemungkinan untuk naik. Yang terpenting, tujuannya ialah mempercepat pembangunan ekosistem dari kendaraan listrik itu sendiri di Indonesia.

“Jadi anggaran itu sangat relatif bisa saja dalam perjalanannya dinaikin lagi bisa saja, tapi untuk pagu indikatif sudah fix bahwa bantuan pemerintah untuk motor listrik roda dua itu bantuannya sekitar Rp 350 miliar akan mencakup 50 ribu unit motor listrik roda dua,” ujarnya.

Sementara itu, dana tersebut masuk ke dalam pagu indikatif yang diajukan oleh Kementerian Perindustrian untuk 2024 yakni sebesar Rp 4,79 triliun. Angka ini sudah termasuk dari tambahan anggaran yang diajukannya dan telah disetujui oleh Komisi VII DPR RI sebesar Rp 1,025 triliun.
(hns/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini