Pendiri Grab Tan Hooi Ling Mundur Akhir Tahun Ini

37
Tan Hooi Ling Co-Founder of Grab. (foto istimewa/net)

Jakarta – Salah satu wirausahawan wanita terkemuka di Asia, Tan Hooi Ling mundur dari jabatan operasionalnya di Grab. Sebagai informasi, Hooi Ling merupakan Co-Founder Grab bersama dengan CEO Grab, Anthony Tan pada 2012.

Hooi Ling juga akan melepas jabatan direksinya. Nantinya, ia mengambil peran penasihat pada akhir tahun ini.

Kepergiannya meninggalkan tugas berat bagi CEO Grab Anthony Tan untuk membalikkan kerugian bertahun-tahun di tengah persaingan yang semakin ketat di pasar transportasi online dan pengiriman makanan. Hal itu harus dilakukan tanpa bantuan wanita yang membantunya mendirikan perusahaan pada 2012.

“Grab telah menjadi salah satu pengalaman paling memuaskan dalam hidup saya. Dampak yang kami ciptakan adalah cerminan dari siapa kami sebagai sebuah tim, dan saya merasa rendah hati bisa berjalan bersama Anthony dan banyak Grabber luar biasa yang memiliki nilai dan etos kerja yang sama untuk membangun sesuatu yang meningkatkan kehidupan di Asia Tenggara,” kata Tan Hooi Ling dalam sebuah pernyataan dikutip dari CNN, Jumat (2023).

Setelah didirikan sebagai perusahaan ride-hailing oleh duo Tan, Tan Hooi Ling dan Anthony Tan, Grab melejit menjadi perusahaan swasta paling bernilai di Asia Tenggara. Grab mengakuisisi bisnis Uber di Asia Tenggara pada tahun 2018, dan sejak itu berkembang ke berbagai layanan lain, termasuk pengiriman makanan, pembayaran digital, dan bahkan layanan keuangan.

Grab yang tidak seperti beberapa pesaingnya menghindari PHK massal selama pandemi COVID-19, membukukan kerugian tahunan US$ 1,74 miliar atau Rp 26 triliun (kurs Rp 14.967) pada 2022. Hal tersebut meningkat 51% dari tahun sebelumnya, menurut laporan tahunannya.

Sebagai informasi, saat ini Tan Hooi Ling memimpin divisi teknologi dan strategi perusahaan, serta menjabat jajaran direksi Grab sejak Desember 2021.
(ara/detik)





37 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini