Perbedaan LRT Palembang, LRT Jakarta dan LRT Jabodebek

0
Lrt palembang, foto ferdinand /Rakyat Pembaruan
Jakarta – Light Rail Transit atau LRT di Indonesia yang ada saat ini berada di wilayah Jakarta, Palembang dan Jabodebek. Perbedaan LRT Jakarta, LRT Palembang dan LRT Jabodebek terletak pada rute perjalanan yang dilalui oleh ketiga LRT tersebut.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bedanya LRT Jakarta, LRT Jabodebek dan LRT Palembang, simak ulasannya berikut ini:

LRT Jakarta

Mengutip situs resminya, LRT di Jakarta beroperasi untuk menyediakan layanan transportasi publik warga Jakarta. LRT Jakarta dibangun mulai sejak 22 Juni 2016 yang bertepatan sebagai tanggal HUT Kota Jakarta. LRT Jakarta resmi dioperasikan secara komersial mulai 1 Desember 2019.

Sejarah LRT Jakarta

Proses pembangunan LRT Jakarta dimulai pada 22 Juni 2016 bertepatan dengan HUT Kota Jakarta. Kemudian pada September 2017, PT LRT Jakarta berdiri dan disahkan secara resmi pada 16 April 2018. Selanjutnya pada Juni 2019 LRT Jakarta mengadakan uji publik.

Barulah pada tanggal 1 Desember 2019, LRT Jakarta secara resmi dioperasikan secara komersial. Sejak diresmikan, LRT Jakarta terus berbenah dan bekerja sama dengan beberapa pihak untuk meningkatkan pelayanannya.

Rute LRT Jakarta

Rute LRT Jakarta tahap 1 saat ini memiliki lintasan rel sepanjang 5,8 km dengan jumlah 6 stasiun yang membentang dari Stasiun Pegangsaan Dua, Kepala Gading hingga Stasiun Velodrome, Rawamangun. Stasiun LRT Jakarta terdiri dari Stasiun Pegangsaan Dua, Stasiun Boulevard Utara, Stasiun Boulevard Selatan, Stasiun Pulomas, Stasiun Equestrian, dan Stasiun Velodrome.

LRT Palembang

Mengutip situs resminya, LRT di Palembang, Sumatera Selatan beroperasi untuk mendukung penyediaan angkutan umum massal. Lintas pelayanan LRT dimulai dari stasiun Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II hingga Jakabaring Sport City.

Sejarah LRT Palembang

LRT di Palembang mulai dibangun pada tahun 2015. Proyek ini diinisiasi Pemprov Sumsel, diusulkan gubernur kala itu Alex Noerdin. Diarahkan untuk persiapan Asian Games pada Agustus 2018, di mana Palembang merupakan salah satu kota tuan rumah.

Jalur LRT Palembang memiliki panjang 23,4 kilometer. Sebagian besar merupakan jalur layang. Prasarana selesai dikerjakan pada Februari 2018. Uji coba dilakukan pada Mei 2018, dan dioperasikan secara penuh pada 1 Agustus 2018 untuk Asian Games.

Rute LRT Palembang

Rute perjalanan LRT Palembang melintasi 13 stasiun, yakni DJKA, Jakabaring, Polresta, Ampera, Cinde, Dishub, Bumi Sriwijaya, Demang, Garuda Dempo, RSUD Sumsel, Punti Kayu, Asrama Haji, dan Bandara SMB II. Waktu tempuh dari DJKA ke bandara dan sebaliknya berkisar 30-45 menit.

LRT Jabodebek

Terbaru yang akan beroperasi yaitu LRT Jabodebek. Seperti namanya, LRT ini akan melintasi wilayah Jakarta, Bogor, Depok dan Bekasi. Diketahui saat ini LRT Jabodebek tengah menjalani uji coba tanpa penumpang hingga akhirnya beroperasi secara komersial.
Rute LRT Jabodebek

Dilansir akun resmi Instagram-nya (@lrt_jabodebek), menurut peta LRT Jabodebek memiliki sebanyak 18 stasiun. Stasiun LRT Jabodebek ini akan beroperasi melayani masyarakat dengan dua lintas perjalanan, yakni lintas Cibubur dan lintas Bekasi.

Rute LRT Jabodebek lintas Cibubur:

Stasiun LRT Dukuh Atas
Stasiun LRT Setiabudi
Stasiun LRT Rasuna Said
Stasiun LRT Kuningan
Stasiun LRT Pancoran
Stasiun LRT Cikoko
Stasiun LRT Ciliwung
Stasiun LRT Cawang
Stasiun LRT TMII
Stasiun LRT Kampung Rambutan
Stasiun LRT Ciracas
Stasiun LRT Harjamukti.

Rute LRT Jabodebek lintas Bekasi:

Stasiun LRT Dukuh Atas
Stasiun LRT Setiabudi
Stasiun LRT Rasuna Said
Stasiun LRT Kuningan
Stasiun LRT Pancoran
Stasiun LRT Cikoko
Stasiun LRT Ciliwung
Stasiun LRT Cawang
Stasiun LRT Halim
Stasiun LRT Jati Bening Baru
Stasiun LRT Cikunir 1
Stasiun LRT Cikunir 2
Stasiun LRT Bekasi Barat
Stasiun LRT Jati Mulya.

Uji Coba LRT Jabodebek

Diberitakan sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan uji coba LRT Jabodebek dengan penumpang akan berlangsung mulai 12 Juli smapai 17 Agustus 2023. Selanjutnya pada 18 Agustus 2023 LRT Jabodebek akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“(Uji coba) sampai 18 Agustus, yang kita harapkan Presiden meresmikan,” ucap di Stasiun LRT Halim, Jakarta Timur, Rabu (28/6/2023).

(wia/imk/detik)