Peringatan HDI dan HKSN 2023, Pj Gubernur Agus Fatoni Salurkan Bantuan Ke Para Penyandang Disabilitas

39

Indralaya, rakyatpembaruan.com-

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Penjabat (Pj) Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas Fatoni menyalurkan bantuan kepada para penyandang disabilitas. Kegiatan ini berlangsung di Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Panti Sosial Rehabilitas Wanita Tuna Sosial, Indralaya, Kabupaten Ogan Ilir, Kamis (21/12/2023).

Pemberian bantuan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) dan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) tingkat Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) Tahun 2023. Bantuan diberikan bagi 972 Kader Pembangunan Manusia (KPM) dengan rincian 666 penerima bantuan usaha ekonomi produktif bagi keluarga penyandang disabilitas serta 306 penerima bantuan alat bantu penyandang disabilitas.

Dalam arahannya, Fatoni mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel melalui Dinas Sosial sudah berupaya memberikan perhatian, penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas secara lebih adil dan merata yang diwujudkan dalam bentuk memberikan bantuan.

“Bantuan ini bertujuan untuk penguatan kapasitas penyandang disabilitas dan keluarga penyandang disabilitas dalam meningkatkan pendapatan, kemampuan berusaha sehingga mampu memenuhi kebutuhannya secara mandiri serta meningkatkan kesetiakawanan sosial,” ucapnya.

Fatoni mengajak seluruh elemen masyarakat untuk memberikan perhatian lebih kepada penyandang disabilitas. Membangun kepedulian dalam mewujudkan pemenuhan hak penyandang disabilitas untuk hidup setara, kemandirian dan kesejahteraan disabilitas.

“Kita harus saling melengkapi, saling mengisi, saling membantu dan saling peduli. Karena dengan sikap  kepedulian sosial itu, kita akan mendapatkan balasan dari Allah Subhanahu wa ta’ala,” kata Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Provinsi Sumsel merinci pada peringatan HDI dan HKSN kali ini, Pemprov Sumsel melalui Dinas Sosial memberikan bantuan kaki palsu bagi disabilitas. Pemberian alat bantu disabilitas bagi 406 orang dengan rincian kursi roda sebanyak 162 buah, hearing aid sebanyak 32 buah, tongkat alat bantu jalan (kruck ketiak) sebanyak 42 buah, dan tongkat putih sebanyak 170 buah.(fer/rp)





39 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini