Pertamina Bantu UMKM Wilayah Jambi Bangkit dan Naik Kelas

0

Jambi, rakyatpembaruan.com –

Pekerjaan sehari-hari sebagai ibu rumah tangga tidak menutup kemungkinan untuk menghambat potensi mereka yang memiliki semangat tinggi untuk memiliki usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomiannya. Semangat para ibu rumah tangga khususnya dari Kelurahan Kasang, Kecamatan Jambi Timur dengan jumlah 40 orang yang mempunyai potensi memupuk usaha melalui penjualan aneka kue.

Melalui usaha tersebut, Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel mendukung potensi para ibu-ibu dari Kelurahan Kasang dengan meresmikan Rumah UMKM Lampu Merah Pertamina Kasang (Lamperkas) Jambi pada hari Selasa, 5 Maret 2024. Dengan terbentuknya UMKM Lamperkas yang menjadi peluang untuk menambah penghasilan rumah tangga.

Selain itu, Rumah UMKM Lamperkas menjadi program TJSL Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal (FT) Jambi untuk mendukung potensi tersebut dan meningkatnya produksi serta pelanggan di wilayah Jambi, Pertamina turut memberikan pelatihan branding produk bagi kelompok UMKM Lamperkas yang telah dibina sejak tahun 2022.

Peresmian Rumah UMKM Lamperkas dihadiri dan diresmikan oleh Fuel Terminal Manager Jambi, Agung Surendro selaku, Lurah Kasang Novri Indra, Bhabinkamtibnas Kelurahan Kasang, Babinsa Kelurahan Kasang, Ketua RT 07, Anggota Kelompok UMKM Lamperkas, serta Anggota Kelompok UMKM Produksi Cahaya Abadi Sejahtera.

Fuel Terminal Manager Jambi, Agung Surendro mengatakan untuk mendukung perkembangan UMKM di Kelurahan Kasang, Pertamina melakukan renovasi 1 unit rumah UMKM dan pengadaan sarana penunjang kegiatan, serta memberikan pelatihan branding produk UMKM.

“Kami berharap, dengan diresmikannya rumah UMKM Lamperkas dapat dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga usaha ibu-ibu semua dapat berkembang, dan menjadi wadah untuk mengembangkan usaha-usaha kecil sampai menjadi besar serta dapat mereplikasi rumah-rumah UMKM lainnya,” ujar Agung Surendro.

Lurah Kasang, Novi Indra juga menyampaikan apresiasi kepada Pertamina yang terus membantu membawa dampak positif khususnya bagi anggota kelompok UMKM Lamperkas.

“Kami mengucapkan terima kasih atas program pembinaan yang telah diberikan Pertamina. Atas program tersebut dapat membantu menjawab keresahan para ibu yang terkendala dalam melakukan pemasaran produk dan peningkatan penjualan. Harapannya melalui program UMKM Lamperkas dan pelatihan yang diberikan dapat mendorong usaha UMKM Lamperkas semakin berkembang,” kata Novi Indra.

Dikesempatan yang sama, Ketua UMKM Lamperkas, Farida turut menyampaikan terima kasih kepada Pertamina atas perhatian dan dukungan terhadap kelompok UMKM.

“Terima kasih untuk Pertamina atas perhatiannya selama ini dan dengan adanya Rumah UMKM Lamperkas, ibu-ibu dapat mengumpulkan semua hasil produksinya dan memasarkannya di sini, dan semoga usaha kami dapat semakin berkembang lagi,” tutup Farida.(adi/rp)