Pj Gubernur Agus Fatoni Komitmen Cetak Generasi Unggul Melalui Budaya Gemar Membaca

28

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni berkomitmen untuk mendorong minat baca masyarakat melalui budaya gemar membaca. Hasil yang diharapkan kedepannya adalah mampu mencetak generasi yang unggul.

“Generasi unggul yang cerdas, pintar, kreatif, dan inovatif bisa tercapai dengan adanya proses literasi. Generasi inilah yang nantinya dapat membuat pembeda dengan generasi-generasi sebelumnya,” kata Fatoni dalam kegiatan ‘Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023’ yang diselenggarakan di Asrama Haji Palembang, Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (27/10/2023).

Untuk itu diperlukan ketertarikan dari diri sendiri untuk membaca. Hingga akhirnya membaca bukanlah sebuah keharusan melainkan kebiasaan yang akan dilakukan setiap hari.

“Literasi itu ada tiga yaitu membaca, menulis, dan analisis. Untuk menumbuhkan ketiga hal itu,  harus bisa memunculkan rasa cinta dan sayang, yang akhirnya dapat menjadi kebiasaan, kemudian menjadi budaya untuk gemar membaca,” jelas Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Mariana Ginting menyebut upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui peningkatan intelektual melalui bahan-bahan bacaan.

“Untuk tingkat kegemaran membaca, Indonesia berada pada peringkat 16 dengan durasi membaca 6 jam per minggu. Pada tahun 2022, kajian tingkat kegemaran membaca meningkat menjadi 8 jam 60 menit per minggu. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa bukan masyarakat yang tidak gemar membaca, namun ketersediaan bahan bacaan yang harus dipenuhi”, bebernya.

Sebagai informasi, Festival Literasi Nusantara Sumatera Selatan Tahun 2023 akan berlangsung selama dua hari, yaitu tanggal 27 hingga 29 Oktober 2023. Nantinya akan diisi berbagai kegiatan, mulai dari lomba pameran literasi, talkshow, sosialisasi bahasa isyarat serta pertunjukan seni dan budaya.(fer/rp)





28 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini