Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni Tebar Bibit Ikan di Kolam Wisata Rantau Kumpai

0

Baturaja, rakyatpembaruan.com-

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya menekan angka stunting di wilayahnya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menebar bibit ikan nila di Kolam Wisata Rantau Kumpai, Kecamatan Sosoh Buay Rayap, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, Jumat (3/11/2023).

Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni bersama Pj Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumsel Tyas A. Fatoni menebar 10.000 bibit ikan nila. Fatoni menyebut dengan mengonsumsi ikan dapat memberikan asupan gizi yang lengkap bagi bayi dan ibu hamil.

“Mengingat konsumsi ikan dapat memberikan asupan gizi yang lengkap kepada bayi dan ibu hamil sehingga baik untuk pertumbuhan janin,” kata Fatoni.

Fatoni berharap bibit ikan yang ditebar ini nantinya dapat menjadi bahan konsumsi harian masyarakat yang mudah didapat dan diolah.

“Nanti kalau ikannya sudah besar, ikan di sini bisa dikonsumsi oleh masyarakat sekitar. Saya berharap para ibu-ibu masyarakat sini mempunyai pola hidup sehat sehingga terhindar dari resiko melahirkan anak-anak yang berpotensi stunting,” ucapnya.

Fatoni mengajak masyarakat untuk memahami, bahwa sumber protein tidak hanya pada daging, namun justru ikan merupakan sumber protein yang melimpah dan mudah didapat dengan melakukan budi daya.

“Kalau gizi bagus, pertumbuhan bagus maka stunting bisa dicegah sejak dini,” tandasnya.

Selain penebaran benih ikan juga dilakukan penanaman pohon durian semengkok sakti di sekitar danau.(fer/rp)