Polisi Maroko Sita 5,4 Ton Ganja Disembunyikan dalam Ikan Tuna Beku di Truk

0
Ilustrasi ikan tuna. (Foto: KYODO via Japan Today)
Rabat – Polisi Maroko menyita 5,4 ton ganja yang disimpan di sebuah truk yang tengah melaju menuju Spanyol. Selain ganja, polisi juga menemukan 60 kilogram kokain.

Dilansir AFP, Senin (24/4/2023), ganja dan kokain itu dikemas dalam ikan tuna beku. Petugas keamanan dan bea cukai menyita 5,4 ton ganja di pelabuhan utara Tangier “di atas truk barang internasional,” kata Direktorat Jenderal Keamanan Nasional (DGSN).

Ganja dan kokain itu ditekan ke dalam rongga dalam ikan Tuna. Selain itu, barang haram itu juga disembunyikan di sasis truk.

Pengemudi merupakan warga negara Maroko berusia 45 tahun. Ia ditangkap kepolisian setempat.

Dalam operasi terpisah, juga di Tangier, hampir 60 kilogram kokain disita pada Kamis (20/4) di dalam kontainer berpendingin.

Kokain itu dikemas dalam tuna yang ditandai berasal dari Ekuador dan ditujukan ke Spanyol.

Menurut PBB, Maroko adalah produsen resin ganja terbesar di dunia. Otoritas kepolisian menyita hampir 100 ton tahun lalu.

Polisi dalam beberapa tahun terakhir juga telah melakukan penyitaan kokain dalam jumlah besar, dengan kartel Amerika Selatan. Para kartel ini memanfaatkan negara Afrika Utara sebagai pusat transit penyelundupan ke Eropa.
(isa/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini