Prabowo Salurkan Puluhan Hewan Kurban ke Ponpes-Ormas Islam di Jatim

0
Prabowo salurkan sapi kurban di Jatim (Foto: Dok. Gerindra)
Jakarta – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyalurkan puluhan hewan kurban di Jawa Timur (Jatim). Hewan kurban itu diberikan ke pondok-pondok pesantren dan organisasi masyarakat (ormas) keagamaan di wilayah Jatim.

Pondok pesantren (ponpes) yang menerima hewan kurban dari Prabowo di antaranya yaitu Pondok Pesantren Al Falah Ploso Kediri, Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Pondok Pesantren Langitan, Pondok Pesantren Sidogiri, Pondok Pesantren Nurul Jadid, Pondok Pesantren Syaichona M. Kholil, Pondok Pesantren Walisongo, Pondok Pesantren Tebu Ireng, Pondok Pesantren Sunan Drajat, Pondok Pesantren Genggong.

Sekjen Gerindra Ahmad Muzani menjelaskan penyaluran hewan kurban Prabowo tidak hanya kepada pondok pesantren. Menurutnya, Prabowo juga memberikan hewan kurban kepada ormas-ormas keagamaan yang ada di Jawa Timur.

“Momen Idul Adha ini Pak Prabowo mengirimkan hewan kurbannya tidak hanya ke pondok pesantren di Jawa Timur tapi juga ke organisasi di Jawa Timur seperti PWNU dan PCNU di Jawa Timur, PD Muhammadiyah, PD PMII, PD PII,” kata Muzani dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (29/6/2023).

Beberapa di antaranya hewan kurban yang disalurkan Prabowo merupakan seekor sapi yang beratnya mencapai lebih dari satu ton. Muzani mengatakan harapannya hewan kurban ini dapat membawa manfaat dan menambah konsumsi daging sapi bagi masyarakat Indonesia melalui momen Idul Adha ini.

“Kami bersilaturahmi sekaligus menyalurkan hewan kurban Pak Prabowo ke para kiai, habaib, dan tokoh agama di Jawa Timur. Mudah-mudahan bermanfaat untuk warga pondok dan masyarakat sekitar, serta mendapat keberkahan untuk kita semua,” papar Muzani.
Prabowo salurkan hewan kurban di Jawa TimurPrabowo salurkan hewan kurban di Jawa Timur (Foto: Dok. Gerindra)

Muzani menyebut Prabowo menyalurkan hewan-hewan kurban itu sebagai bentuk rasa syukur dan apresiasi kepada seluruh lapisan masyarakat, terutama umat muslim yang merayakan Idul Adha.

“Diharapkan hewan-hewan kurban yang disumbangkan bisa menambah jumlah daging yang akan diterima oleh masyarakat serta secara langsung untuk meningkatkan pendapatan dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di bidang peternakan dan pertanian yang dijalankan oleh masyarakat,” jelas Muzani.

Para pimpinan pondok pesantren yang menerima hewan kurban Prabowo ini juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya atas pemberian hewan kurban tersebut. Mereka mengatakan bahwa hal ini merupakan bentuk perhatian Prabowo Subianto kepada masyarakat khususnya di lingkungan pondok.

Seluruh elemen masyarakat di lingkungan pondok disebut merasa sangat terbantu dengan adanya pemberian sapi tersebut. Penyaluran hewan kurban tersebut akan menjadi bagian penting dalam merayakan Idul Adha dan memastikan bahwa keluarga pesantren dapat turut merasakan sukacita dalam momen berkah ini.

Selain itu, peternak sapi yang menjual sapi juga mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya karena sapi terbaiknya menjadi pilihan Prabowo Subianto sebagai hewan kurban di pondok pesantren. Peternak sapi tersebut juga merasa bangga karena sapi tersebut menjadi pilihan Prabowo Subianto untuk diberikan kepada masyarakat di pondok pesantren.

“Partai Gerindra berharap dengan diberikannya sumbangan hewan kurban kepada masyarakat adalah sebagai pengingat untuk tetap peduli kepada sesama, khususnya dalam mendukung nilai-nilai kemanusiaan dan persaudaraan yang dijunjung tinggi dalam perayaan Idul Adha. Karena ada komitmen yang kuat dalam memperkuat semangat kebersamaan dan kepedulian, serta mempererat tali silaturahmi dan membantu mereka yang membutuhkan,” tutur Muzani.

Sementara itu, Ketua DPD Gerindra Jatim Anwar Sadad mengatakan sumbangan hewan kurban ini sebagai bentuk meneladani Nabi Ibrahim AS atas ketabahannya menjalani perintah Allah SWT.

“Dalam rangka meneladani ketakwaan, ketaatan, keikhlasan Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS dan Siti Hajar, kami bersilaturahmi dengan pondok-pondok pesantren yang ada di Jawa Timur serta menyampaikan salam dan hewan kurban dari Pak Prabowo yaitu berupa sapi kepada warga pondok pesantren di Jawa Timur,” kata Anwar Sadad Ketua DPD Partai Gerindra.

Prabowo juga membagikan sapi kurban ke Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama dan Pengurus Wilayah Muhammadiyah Jatim. Sapi kurban yang dibagikan ke PWNU Jatim dibeli Prabowo dari peternak binaan Lembaga Amil Zakat, Infaq, dan Shadaqah NU Jatim.

“Sapinya jenis Simental seberat 700 kilogram. Selain berkurban Idul Adha, ini wujud pemberdayaan terhadap peternak binaan NU. Kami mengapresiasi dan berterima kasih ke Gerindra dalam hal itu,” kata Wakil Sekretaris PWNU Jatim, Syukron Dossi.

(lir/fas/detik)