Presiden Jokowi Pimpin Upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata

40
Presiden Joko Widodo (Jokowi)Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara Hari Pahlawan di TMP Kalibata (Foto: Devi Puspitasari/detikcom)
Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Wakil Presiden Ma’ruf Amin hingga sejumlah menteri kabinet hadir dalam upacara ini.

Pantauan detikcom, Jumat (10/11/2023), Jokowi bersama Ma’ruf tiba tempat upacara pukul 08.10 WIB. Jokowi langsung menempati podium yang telah disiapkan.

Jokowi tampak mengenakan setelan jas berwarna abu gelap lengkap dengan menggunakan peci hitam. Komandan upacara yang bertugas adalah Kolonel (Pnb.) Puguh Yulianto. Puguh berstatus Kepala Dinas Operasi Landasan Udara Halim Perdanakusuma.

Upacara dimulai setelah Komandan Upacara memberikan laporan. Ditandai dengan proses penghormatan kepada arwah pahlawan dipimpin komandan upacara dengan diikuti sikap hormat senjata.

Proses upacara kemudian dilanjutkan dengan mengenang pertempuran 10 November 1945 di Surabaya dengan ditandai bunyi sirene selama 60 detik. Setelah itu, Jokowi memimpin proses mengheningkan cipta.

“Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai,” kata Jokowi.

Jokowi kemudian melakukan peletakan karangan bunga di tugu TMP Kalibata dan dilanjutkan dengan pembacaan doa untuk arwah para pahlawan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Turut hadir dalam upacara ini yakni Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menko Polhukam Mahfud MD, MenPANRB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Menteri Koperasi Teten Masduki. Hadir pula Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

(eva/yld/detik)





40 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini