Program Bank Sampah Kota Prabumulih Jadi Percontohan Bagi Kabupaten/Kota Se Sumsel

0

PRABUMULIH, rakyatpembaruan.com –

Gubernur Sumsel H Herman Deru mengapresiasi kepedulian PLN Unit Induk Distribusi Sumatera Selatan, Jambi, dan Bengkulu (UID S2JB)  yang telah  peduli dengan kelestarian  lingkungan melalui Program Bank Sampah Mobile.

“Tidak semua korporasi yang peduli, bahwa PLN UID S2JB sudah luar biasa dan ini sebuah kepedulian,” kata Herman Deru saat Meresmikan Program Bank Sampah Mobile Prabumulih di Kelurahan Wonosari, Kota Prabumulih, Rabu (30/8).

Menurutnya PLN UID S2JB telah memberikan perhatiannya khususnya terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan. Hal ini dikarenakan ada kinerja dari bank sampah ini yang memang menyentuh kelestarian  lingkungan juga sebagai  upaya edukasi bagi warga.

“Saya berharap bank sampah ini menjadi trand center dan diikuti oleh daerah lain dan saya minta PLN mentriggernya,” katanya.

Herman Deru menambahkan dengan adanya bank sampah ini tentu akan berdampak baik pada lingkungan sehingga sampah dapat diolah  menjadi barang yang bermanfaat.

“Sampah-sampah ini dapat bermanfaat menjadi barang kerajinan,” tandasnya.

Wakil Walikota Prabumulih, H Andriansyah Fikri menyebut program bank sampah yang ada di Kota Prabumulih telah mendapatkan apresiasi dari  Kementerian Lingkungan dan Kehutanan (LHK) Hidup RI.

Dia berharap program bank sampah di ikuti oleh lembaga lainya di Kota Prabumulih, sehingga Prabumulih bersih dan sampah bisa dimanfaatkan dalam meningkatkan perekonomian.

“Manfaatnya sudah dirasakan, bahwa sampah ini bisa menghasilkan dan ditukar menjadi uang. Ini juga merubah mindset masyarakat dan semoga bantuan ini  dapat bermanafaat,” katanya.

Ditempat yang sama, GM PLN UID S2JB, Amris Adnan mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Herman Deru yamg sudah meresmikam program bank sampah mobile.

“Ini merupakan bukti nyata keseriusan dan kepedulian kita  dalam menjaga kebersihan lingkungan sebagai solusi inovatif untuk masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Dia menyebutkan Program Bank Sampah Mobile yang  di resmikan hadalah langkah nyata menuju pengelolaan sampah yang lebih efisien dan berkelanjutan.

“Terimakasih pada pak  Gubernur Herman Deru atas dukungan yang luar biasa dalam mewujudkan program ini. Kehadiran beliau di sini adalah cerminan dari komitmen pemerintah daerah dalam menjaga kebersihan lingkungan dan memajukan Provinsi Sumsel,” tambahnya.

Dia menjelaskan Program Bank Sampah Mobile ini bukan hanya sebuah konsep, tetapi sebuah visi berkelanjutan untuk mempercepat perputaran pengelolaan sampah.

Selain itu, Program bank sampah mobile ini bertujuan untuk memberikan layanan pilah sampah dan tabung sampah keliling, terutama bagi masyarakat yang memiliki akses terbatas ke unit pengolahan sampah dan kantor pelayanan Bank Sampah Prabumulih.

“Dengan menghadirkan pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat, kita berharap bahwa sampah dapat lebih cepat diolah dan diproses dengan lebih efisien, menjaga lingkungan lebih bersih dan sehat,” harapnya.

Dia menyebut,  PLN juganmemberikan bantuan berupa Mobil Sampah Ramah Lingkungan & Motor Listrik Sampah Ramah Lingkungan (Molisa Ramli) serta bantuan sarana prasarana untuk Bank Sampah Prabumulih.

Pada kesempatan ini Gubernur Herman Deru meresmikan Laboratorium Eco Enzyme di tandai dengan panandatangan prasasti dan dipanjutkan peninjauan Bank Sampah.(fer/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini