Raffi Ahmad Tertahan Lama di Imigrasi AS karena Bawa Uang Tunai Banyak

0
(instagram @raffinagita1717)

Jakarta – Raffi Ahmad baru beberapa hari kembali ke Indonesia setelah pergi ke Amerika Serikat untuk mengikuti New York City Martahon 2023. Saat baru tiba di Amerika Serikat ternyata Raffi Ahmad sempat tertahan cukup lama di Imigrasi Amerika Serikat.

Penyebab Raffi Ahmad sempat tertahan lama di kantor Imigrasi Amerika Serikat adalah karena dinilai membawa uang tunai dalam jumlah sangat banyak. Diketahui ada batasan untuk membawa uang tunai.

Dilansir dari US Customes and Border Protection, seseorang diperbolehkan membawa uang tunai ke dalam atau luar Amerika Serikat. Akan tetapi, jika jumlahnya melebihi USD 10 ribu maka harus dinyatakan (declare) saat kedatangan pada formulir 6059 FinCEN105 (Laporan Pengangkutan Mata Uang atau Instrumen Moneter Internasional). Laporan itu harus diberikan kepada Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS.

Raffi Ahmad langsung menceritakan momen tersebut. Ada cara nyeleneh Raffi Ahmad yang dilakukan di kantor imigrasi.

“Imigrasi? Kalau bawa uang cash itu kan kalau nggak salah berapa ya seribu eh USD 10 ribu satu orang. Gigi bawa USD 10 ribu, gue USD 10 ribu,” kata Raffi Ahmad di studio FYP Trans 7, Mampang, Jakarta Selatan, kemarin.

Ayah Rafathar dan Rayyanza itu menjelaskan alasan mengapa dia dan Nagita Slavina membawa uang tunai banyak. Raffi Ahmad saat ke Amerika Serikat kemarin, membawa sekitar 15 orang timnya.

USD 10 ribu sama dengan sekitar Rp 156 juta. Nagita Slavina dan Raffi Ahmad masing-masing membawa USD 10 ribu.

“Maksudnya itu nanti, gue kan bawa tim aja 15 orang. Jadi kan emang di sana itu kita lama. Maksudnya uang cash kan kita bagi-bagiin ke anak-anak. Kalau anak-anak kantor pegangan-pegangan semua kan dari uang, 15 orang itu kan di aku,” jelas Raffi Ahmad.

“Satu orang saja kalau misalnya Rp 5 juta, Rp 10 juta aja. Kita jelasin ke imigrasinya ini aku bosnya, I’m the boss, maksudnya aku bosnya. Jadi nanti dari sini aku bagiin ke mereka,” sambungnya.

Raffi Ahmad menceritakan ketika pihak yang memeriksanya melihat akun Instagram miliknya.

“Dia ngecek instagram gue. ‘What? Wow 70 juta, you are famous yes?'” ucapnya.

(pus/wes/detik)