Rakor Kehumasan Ditjen Diktiristek 2023, Humas Garda Terdepan Dalam Komunikasi Publik

26

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Bagian Kehumasan Universitas Sriwijaya (Unsri) Kembali diundang mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Kehumasan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi bertempat di Ruang Auditorium Lantai 2 Gedung D Komplek Kemendikbudristek, Jakarta Pusat pada tanggal 2-4 Agustus 2023.

Plt Sekretaris Ditjen Diktiristek Prof Dra Tjitjik Srie Tjahjandarie, PhD dalam laporannya menyampaikan Rakor sekaligus Sosialisasi Anugerah Humas Diktiristek Tahun 2023 yang mengusung tema “Bersinergi Membangun Pendidikan Tinggi” ini merupakan agenda rutin tahunan yang diikuti oleh 75 PTN dan 16 LLDikti lingkup dirjen diktiristek.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa humas memegang peranan yang sangat penting dan srategis sebagai garda terdepan didalam komunikasi publik. Menurutnya pentingnya peranan humas tentunya perlu diiringi dengan peningkatan kapasitas dan kompetensi yang berkelanjutan karena dunia kehumasan terus berkembang.

“Jika dahulu humas itu secara tradisional berinteraksi antar manusia, saat ini kehumasan sudah bersyarat dengan instrumen teknologi informasi, hal itu kita sikapi bagaimana kita dapat menggunakan tool tersebut untuk dapat mengkomunikasikan informasi itu secara tepat dan clear jangan sampai menimbulkan distorsi diberbagai aspek. Untuk itu dalam upaya meningkatkan kapasitas dan juga mengupgrade pengetahuan kita sesuai dengan perkembangan teknologi dan bidang kehumasan, pada saat ini kami menghadirkan para narasumber bidang kehumasan dari berbagai ilmu sudut pandang maupun pengalaman karena beliau-beliau ini merupakan praktisi maka beliau-beliau ini juga kita minta bantuan sebagai juri di Anugerah Humas Diktiristek di akhir Tahun 2023 ini,” ujarnya.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Prof. Ir. Nizam, M.Sc. DIC. Ph.D. IPU. ASEAN Eng Dalam arahannya menekankan urgensi keberadaan humas di setiap PTN dan LLDikti. Menurutnya Humas di setiap PTN dan LLDikti memegang peranan yang sangat penting dalam mengkomunikasikan banyak hal. Ia berharap kegiatan ini membuat semuanya bertekad untuk bersinergi membangun pendidikan tinggi ke arah yang lebih berkualitas.

Hadir sebagai narasumber yang berkompeten dibidangnya yaitu Ketua Umum Asosiasi Perusahaan PR Indonesia (APPRI), Managing Director Imogen PR, Jojo S. Nugroho dengan materi Meramu Siaran Pers yang Disukai Media Massa; Wakil Sekretaris Umum 2 Perhumas, Emmy Kuswandari, IAPR memberikan materi Kiat Mesra dengan Media Massa; Head of Engagement & Community SAC Indonesia, Riska Noer Zaitun memberikan materi Selisik Tren dan Analisis Media Sosial; Tenaga Ahli Madya Komunikasi Kantor Staf Presiden, Prita Laura dengan materi Komunikasi Krisis Pemerintah di Era Digital; dan Ketua Umum Iprahumas, Thoriq Ramadani dengan materi Praktik Baik Strategi Komunikasi Pemerintah. Sementara, sosialisasi terkait Anugerah Humas Diktiristek Tahun 2023 disampaikan oleh Pranata Humas Ahli Muda, Dinna Handini dan rangkaian kegiatan ditutup oleh Koordinator Kerja Sama dan Humas, Yayat Hendayana. (adi/rp)(Ara/hms unsri)





26 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini