Rencana Besar Djarum & Wings Group di IKN

0
Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta – Djarum dan Wings Group punya rencana di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu terungkap saat pihak Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) merespons adanya kabar jika kedua grup konglomerat ini keluar dari Konsorsium Nusantara.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi, Otorita IKN Agung Wicaksono membantah jika Djarum dan Wings keluar dari Konsorsium Nusantara. Sebab, kedua grup tersebut memang tidak tergabung dalam konsorsium.

Konsorsium Nusantara sendiri terdiri dari 10 perusahaan yang akan membangun Hotel Nusantara di IKN.

“Djarum dan Wings Group tidak benar hengkang dari Konsorsium Nusantara. Konsorsium Nusantara yang membangun Hotel Nusantara terdiri 10 perusahaan yang waktu itu sudah disebutkan dan memang Djarum dan Wings tidak termasuk di situ, tidak termasuk di 10 yang membangun Hotel Nusantara,” kata dalam Media Briefing Virtual, Selasa (16/1/2024) kemarin.

Namun demikian, dia mengatakan, Djarum dan Wings bersama-sama konsorsium ikut membangun IKN untuk pembangunan lain.

“Contohnya yang belum dari periode ini tapi periode selanjutnya yaitu dalam pembangunan botanical garden dan itu nanti kita akan melihat selanjutnya,” katanya.

Kembali, dia mengatakan, Djarum dan Wings tidak keluar dari konsorsium. Dia meyakini hal itu juga tidak mengganggu keberlanjutan proyek.

“Jadi kalau dikatakan hengkang tidak benar dan tentunya apakah mengganggu berjalannya proyek, tidak ada yang mengganggu,” katanya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengungkap peletakan batu pertama (groundbreaking) tahap 4 IKN akan digelar hari ini (17/1). Dari data yang disajikan, ada 10 proyek yang akan dimulai pembangunannya.

“Inilah rekan-rekan menu yang kita hadapi besok, detilnya kita akan bisa lihat esok hari (hari ini), Pak Presiden ada di sana sehari penuh untuk 11 titik ini,” katanya.

Proyek yang akan mulai dibangun terbagi dalam tiga kategori. Pertama adalah BUMN. Dia mengatakan, PT Pos Indonesia (Persero) akan membangun Nusantara Logistic Hub. Kemudian, RRI akan membangun studio siaran radio di IKN.

Kategori kedua ialah swasta. Pada kategori ini, SUN Hub akan membangun area pergudangan dan Jambuluwuk Hotel & Resorts akan membangun hotel bintang lima.

Lalu, Katadata Green, Jejakin dan BenihBaik.com akan membuat green pesantren yang merupakan pilot project reforestasi. Serta, PT Wulandari Bangun Laksana akan membangun Nusantara Warehouse Park.

Kategori ketiga yakni lembaga negara, di mana OIKN bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan membangun Kantor Otorita IKN.

“Ini bersejarah kantor OIKN akan mulai dibangun,” katanya.

Selanjutnya, Kementerian PUPR akan membangun masjid negara dan memorial park. Lalu, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga akan membangun kantor di IKN.

“Kita lihat beberapa waktu lalu BI groundbreaking, tapi pilar keuangan ada BI LPS dan ada OJK. OJK nanti nextnya,” katanya.

(acd/das/detik)




TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini