RI Catat 2.074 Kasus Baru COVID-19, Kasus Aktif Tembus 13 Ribu

0
Jakarta – Indonesia mencatat 2.074 kasus baru COVID-19 hari ini, Sabtu (29/4/2023). Seiring itu, terdapat kasus sembuh sebanyak 810 dan ada 14 pasien COVID-19 meninggal dunia.

Indonesia telah mencatat total 6.773.146 kasus COVID-19 positif terkonfirmasi. Sedangkan kasus aktif COVID-19 hari ini tercatat ada sebanyak 13.099.

Pada Jumat (28/4), Dinas Kesehatan DKI Jakarta melaporkan ada 5 kasus baru COVID-19 dengan varian Arcturus atau subvarian Omicron XBB.1.16 di wilayahnya. Kini total ada 10 kasus COVID-19 dengan infeksi varian tersebut di DKI Jakarta.

Seluruh pasien tersebut merupakan kasus transmisi lokal, bukan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Dari 5 kasus tersebut, tercatat 1 pasien tanpa gejala dan 4 pasien lainnya bergejala ringan. Sedangkan terkait riwayat vaksinasi, 1 pasien masih berusia 5 tahun, dan 4 pasien lainnya sudah menerima vaksin COVID-19 dosis 3.

Seluruh pasien tersebut juga sudah selesai melakukan isolasi mandiri di rumah selama 10 hari. Gejala utama yang dialami berupa batuk, pilek, dan nyeri tenggorokan.

Dalam kesempatan sebelumnya, pihak Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) menyampaikan hal senada. Menurut juru bicara Kemenkes RI dr Mohammad Syahril, gejala yang paling banyak ditemukan pada pasien COVID-19 varian Arcturus adalah batuk. Di samping itu, ada juga temuan gejala lain berupa:

Sakit tenggorokan atau sakit saat menelan
Nyeri tubuh
Hilang napsu makan

Namun ada yang berbeda antara gejala Arcturus dengan varian Corona lainnya. Di sejumlah negara, ditemukan gejala khas berupa mata merah (konjungtivitis) pada pasien COVID-19 varian Arcturus.

“Sebagian di beberapa negara di matanya itu ada kemerahan. Istilah kedokterannya konjungtivitis. Dan ada kotoran seperti belekan. Tapi tidak semua kasus jadi jangan dijadikan patokan,” terang Syahril.

(sao/vyp/detik0





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini