RI Gandeng Jepang Siapkan Rencana Besar Kereta Jawa & Sumatera

0
(Foto: dok KAI Daop 1)
Jakarta – Indonesia akan diundang ke Jepang dalam pertemuan negara-negara G7. Terkait pertemuan tersebut, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan, pemerintah tengah mengkaji pengembangan kereta di Jawa dan Sumatera.

“Kita sedang diskusikan karena ada rencana rapat G7 dan Indonesia diundang Hiroshima bulan depan. Saya juga sudah berkoordinasi dengan Menteri Perhubungan dan pihak Jepang untuk coba mulai melihat peta biru kereta api di Jawa dan Sumatera,” kata Erick di Stasiun Senen, Jakarta, Selasa (18/4/2023).

Erick mengatakan, kereta merupakan salah solusi yang tepat untuk menekan penggunaan pribadi. Pihaknya optimitis, hubungan kerja sama antara Indonesia dan Jepang akan semakin erat.

Erick bilang, Jepang merupakan salah satu negara terbaik soal kereta.

“Saya sangat optimistis kalau kita bisa meningkatkan hubungan kerja kita dengan Jepang ini menjadi salah satu solusi karena Jepang merupakan salah satu terbaik kalau kereta,” katanya.

Apalagi, kata dia, penyambungan kereta di Sumatera sendiri belum terjadi.

“Kita mesti lihat dari jangka pendek dan panjang kalau memang kita ingin menekan penggunaan pribadi salah satunya dengan kereta. Oleh karena itu tiga tahun terakhir terus dorong perbaikan fasilitas perbaikan yang ada di kereta api,” katanya.

(acd/eds/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini