Saatnya Pilih Diet Tanpa Lapar, Bukan dengan Makan Sedikit

0
Jakarta – Hayo siapa di sini yang sedang berjuang menurunkan berat badan? Untuk menurunkan berat badan, sebagian orang memilih untuk langsung mengurangi porsi makan, atau bahkan tidak makan apapun. Semuanya bertujuan memangkas jumlah kalori yang dikonsumsi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), cara ini bisa menyiksa tubuh. Sebab kita akan kehilangan banyak nutrisi yang justru dibutuhkan untuk beraktivitas dan menjaga kesehatan dalam jangka panjang.

Nah, untuk menurunkan berat badan, caranya bukan seperti itu, ya. Diet itu bukan berarti harus makan sedikit, melainkan mengatur pola makan sehat dengan nutrisi seimbang dan membatasi asupan kalori, gula, garam serta lemak.


Penurunan berat badan bisa terjadi ketika jumlah kalori yang masuk lewat makanan lebih kecil dibanding dengan yang digunakan untuk fungsi tubuh dan yang keluar melalui aktivitas sehari-hari dan berolahraga. Biasakan untuk berolahraga ringan setidaknya 30 menit sehari, dikombinasikan dengan latihan beban 2 kali seminggu.

Sebelum melakukan diet, ada baiknya juga melakukan penghitungan kebutuhan kalori dalam tubuh. Dengan menghitung kebutuhan kalori, pengaturan pola makan dan aktivitas bisa lebih disesuaikan dengan kondisi tubuh saat ini.

Setelah itu, baru deh mulai atur makanan dengan nutrisi yang tepat. Pilih jenis makanan yang rendah kalori tetapi mengandung lebih banyak nutrisi untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Pilih sumber karbohidrat kompleks seperti nasi merah, atau nasi dan mie shirataki yang lebih rendah kalorinya. Untuk memenuhi kebutuhan protein, pilih sumber protein dengan kandungan lemak jahat (lemak jenuh) yang lebih rendah seperti daging ayam tanpa lemak, tahu dan tempe, atau salmon. Lengkapi dengan sayur, buah, dan sumber serat untuk memberikan rasa kenyang lebih lama.

Ngemil dan Manis-Manis?

Wah kalau menunya seperti ini, tidak boleh ngemil sama sekali dong? Jawabannya boleh. Asalkan camilan sehat dengan jumlah kalori dan nutrisi yang tepat. Camilan sehat yang kita konsumsi justru bermanfaat untuk membantu mencegah rasa lapar berlebih di antara waktu makan dan menjaga energi sepanjang hari.

Camilan sehat yang bisa dipilih adalah yang tidak mengandung tinggi gula, garam, dan lemak. Beberapa camilan yang bisa kita coba, antara lain cookies bebas gula, oat drink, atau buah-buahan.

Bagaimana dengan yang manis-manis? Contohnya rasa manis dari teh atau kopi. Nah ternyata meskipun sedang diet, masih bisa kok menikmati rasa manis dari minuman tersebut. Jangan khawatir akan gulanya, karena kini kandungan gula dan kalorinya bisa kita ganti dengan gula dari Tropicana Slim Sweetener Classic. Tropicana Slim Sweetener Classic adalah pemanis rendah kalori yang bebas gula, sehingga cocok untuk membantu mengontrol asupan kalori dan menjaga berat badan. Rasa manis kini bisa dirasakan tanpa khawatir deh.

Saatnya diet sehat tanpa lapar dengan ganti gula dengan Tropicana Slim. (ega/detik)







LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here