Siap-siap Daftar! Prakerja Bidik 1,2 Juta Peserta Tahun Ini

0
ilustrasi
Jakarta – Pemerintah masih melanjutkan program Prakerja di 2024. Sampai saat ini jumlah yang telah mengikuti pelatihan sebanyak 17,5 juta orang dari seluruh kabupaten/kota di Indonesia.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan tahun ini pemerintah berencana menjaring 1,2 juta peserta. Anggaran yang disiapkan untuk pelatihan mencapai Rp 4,8 triliun.

“Tahun ini diharapkan (Prakerja) bisa melatih sekitar 1,2 juta orang. Anggaran biaya pelatihan Rp 4,8 triliun,” kata Airlangga dalam acara Kolaborasi Penguatan Tata Kelola Program Prakerja di Kempinski Grand Ballroom, Jakarta Pusat, Selasa (23/1/2024).

Berdasarkan profil peserta Prakerja dari 17,5 juta orang, 86% menyatakan belum pernah mengikuti pelatihan sebelumnya, 2% tinggal di kabupaten tertinggal, 3% penyandang disabilitas, 51% perempuan, 64% tinggal di pedesaan, 18% pendidikan SD ke bawah, 12% berusia 50 tahun ke atas dan 3% mantan PMI (Pekerja Migran Indonesia).

Jika diakumulasikan dari awal rilis sampai 2024, peserta yang mengikuti pelatihan Prakerja ditargetkan mencapai 19 juta orang. Program ini dinilai sangat penting untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia (SDM) di tengah bonus demografi.

“Kita lihat pemerintah melihat angkatan kerja 147 juta orang dan 5,32% atau 7,86 juta orang ini menganggur. Jadi ini perlu kita dorong supaya mereka mempunyai upskilling dan reskilling,” tuturnya.

Program Prakerja berlaku dari semi bansos menjadi skema normal mulai 2023 dengan nilai manfaat kepada penerima sebesar Rp 4,2 juta/orang. Jumlah itu terbagi dalam beasiswa pelatihan Rp 3,5 juta, insentif menyelesaikan pelatihan Rp 600 ribu, dan insentif menyelesaikan dua kali pengisian survei Rp 100 ribu.

Masyarakat berusia 18-64 tahun dipersilakan mendaftar melalui www.prakerja.go.id secara mandiri tanpa diwakilkan atau joki. Kesempatan ini terbuka bagi yang belum pernah lolos Prakerja sejak diluncurkan April 2020.

Berikut cara daftar Pelatihan Prakerja 2024:

1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik ‘Gabung’ pada gelombang Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Beasiswa Pelatihan Prakerja.

Jika sudah pernah daftar sebelumnya, tinggal klik ‘Gabung Gelombang’ di dashboard Prakerja kamu. Selamat mencoba!
(aid/rrd/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini