Srikandi Movement Melalui Program _Ghosting_, Dukung Pemerintah Perangi Stunting di Provinsi Jambi

40

Jambi, rakyatpembaruan.com –

Sebagai bentuk kontribusi PLN terhadap pemerintah dalam penanggulangan isu stunting di masyarakat, Srikandi PLN S2JB bersinergi dengan Yayasan Gerakan Pesantren Sehat, BKKBN dan Forum Genre Jambi menggarap program inovatif bertajuk “Ghosting” (Gerakan Sehat Zero Stunting) pada 20 Desember 2023 di Aula Balai Kelurahan Lebak Bandung Kecamatan Jelutung Kota Jambi.

Dihadiri Ketua BKKBN, Lurah Lebak Bandung, Camat Jelutung, Manajemen PLN dan Srikandi PLN serta masyarakat Lebak Bandung.

Ghosting merupakan langkah konkret yang diambil oleh Srikandi PLN S2JB untuk mengurangi masalah gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan gangguan pertumbuhan pada anak yang dapat teridentifikasi dengan melihat perkembangan tinggi anak yang lebih pendek dari standar usianya.

Camat Jelutung Jambi Hartono dalam sambutannya mengatakan berdasarkan data stunting terdapat 77 anak di kecamatan Jelutung terindikasi stunting, pada hari ini PLN S2JB memberikan penerima manfaat kepada 50 orang yang terdiri dari 37 anak dan 15 ibu hamil.

“Kami berterima kasih kepada PLN atas inisiatifnya, kami berharap kegiatan ini kedepannya bisa lebih sering lagi dilaksanakan, sehingga lebih banyak orang tua asuh bagi anak-anak stunting” ujar Hartono

Srikandi Champion PLN S2JB, Olivia Andreana, menyatakan, “Ghosting adalah inisiatif Srikandi PLN untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pentingnya pola makanan yang bergizi demi tumbuh kembang anak.

Kepada para peserta yang terdiri dari ibu hamil, balita dan anak dan masyarakat yang beresiko stunting diberikan pemeriksaan kesehatan secara gratis, informasi dan pemahaman dari beberapa narasumber kesehatan, pemberian obat-obatan dan vitamin, bagi anak-anak diberikan dongeng cerita tentang makanan bergizi hingga bingkisan berupa makanan sehat.

“Srikandi PLN sangat mendukung gerakan zero stunting, bantuan ini tidak berhenti sampai disini namun bagi penerima manfaat akan dipantau serta diberikan vitamin dan asupan secara berkala hingga 3 bulan kedepan, ujar Olive.

Ketua BKKBN yang diwakiki Bapak Oki Permana mengatakan bahwa persentase balita stunting di Provinsi Jambi masih tinggi, hingga agustus 2023 sebanyak 3042 dari 6000 balita stunting telah di cover oleh BKKBN dengan persentase penurunan sebanyak 4% dari tahun 2022 sehingga menyentuh angka 16% berdasarkan survey kesehatan.

Indikator stunting sendiri terdiri dari 6 hal yaitu sanitasi yang kurang layak, sumber air minum yang kurang bersih, ibu hamil yang terlalu muda, ibu hamil yang terlalu tua, terlalu banyak anak hingga jarak kelahiran yang terlalu rapat.

“Mudah-mudahan dengan langkah PLN membantu pemerintah, akan memicu pelaku usaha lainnya untuk menjadi orang tau asuh sehingga dapat mewujudkan zero stunting khususnya di provinsi Jambi” ujar Oki.

Ediwan selaku MUP3 Jambi menambahkan bahwa Manajemen PLN mendukung setiap keterlibatan perempuan dalam proses bisnis PLN
“PLN mendukung kegiatan positif srikandi melalui berbagai ilmu dan tenaga dan berkontribusi menyelesaikan permasalahan sosial di lingkungan, salah satunya melalui ghosting ini sehingga membantu menurunkan angka stunting “ujar Ediwan”.

Ibu Elya salah satu penerima manfaat bagi balita nya bernama Syafa mengatakan sangat senang menjadi bagian kegiatan ini.

“Terima kasih PLN, di momen ini saya bahagia anak saya bisa dipantau secara berkala, mendapat asupan tambahan dan vitamin secara gratis, ujarnya.

PLN turut aktif dalam memberikan dukungan infrastruktur dan penyediaan listrik yang andal, memastikan bahwa masyarakat di Provinsi Jambi memiliki akses yang memadai terhadap fasilitas kesehatan dan layanan pendukung. Tak Hanya itu, pada kegiatan ini masayarakat diajak melihat demo kompor induksi yang merupakan salah satu upaya menggalakkan electrifying Lifestyle dengan menghadirkan makanan sehat dengan cara yang ramah lingkungan.

Secara terpisah General Manager PLN S2JB, Tony Wahyu Wibowo menyatakan PLN berkomitmen untuk mendukung Ghosting dan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan anak-anak secara optimal. Melalui ketersediaan listrik yang handal, kami berharap dapat memberikan kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

(Adi/rp)





40 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini