Taman Olahraga dengan Bangunan Terbesar Berbentuk Tanjak di Lubuklinggau Pecahkan Rekor MURI

0

LUBUK LINGGAU, rakyatpembaruan.com –

Mengawali kunjungan kerjanya ke Kota Lubuk Linggau Minggu (26/2) pagi, Gubernur Sumsel H. Herman Deru meresmikan Taman Olahraga Megang (TOM) yang berhasil memecahkan rekor MURI sebagai Bangunan Terbesar Berbentuk Tanjak di dunia.

Gubernur Herman Deru berharap keberadaan gedung olahraga yang cukup besar di kawasan Sumatera itu dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Lubuklinggau dan sekitarnya.

Iapun mengapresiasi renovasi yang dilakukan Pemkot Lubuk Linggau terhadap gedung olahraga tersebut karena melestarikan kearifan lokal. Pasalnya hal ini sesuai dengan Perda Provinsi Sumsel Tentang Arsitektur Bangunan Gedung Berornamen Jati Diri Budaya.

” Terimakasih atas kinerja luar biasa dari jajaran Pemkot Lubuklinggau. Berhasil menggunakan Bangubsus untuk membangun infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat, ikut melestarikan kearifan lokal bahkan bisa memecahkan Rekor MURI,” tegasnya.

Lebih jauh Herman Deru mengatakan bahwa Taman Olahraga Megang akan dinilai dan dicatat sebagai tambahan aset kebanggaan Kota Lubuk Linggau. Iapun mengapresiasi pengerjaan gesung olahraga tersebut dapat sesuai dengan jadwal.

“Selanjutnya Kami mohon dukungan dari berbagai pihak dalam pemeliharaan taman olahraga ini. Semoga Taman Olahraga ini bisa digunakan oleh Masyarakat Kota Lubuk Linggau untuk melakukan berbagai aktivitas olahraga” tambahnya.

Mengingat Taman Olahraga Megang  Bangunan Terbesar Berbentuk Tanjak dan Masuk di Rekor MURI, Gubernur HD pun meminta agar nantinya gedung tersebut dilengkapi dengan sejumlah fasilitas olahraga.

Sementara itu Walikota Lubuklinggau S.N. Prana Putra Sohe mengatakan renovasi gedung olahraga tersebut memang berhasil dilakukan berkat adanya Bangubsus yang diberikan oleh Gubernur Herman Deru. Sebagai tindaklanjut Perda Nomor 7 Tajun 2022 merekapun berinisiatif memberikan ornamen tanjak sebagai bentuk dukungan menjaga Kearifan lokal yang kerap digaungkan oleh orang nomor satu di Sumsel tersebut.

“Tahun lalu kota dapat Bangubsus Rp 77 miliar, dan salah satunya bantuan itu palong besar kita gunakan untuk renovasi Taman Olahraga ini,” ujarnya.

Ia mengatakan kemampuan keuangan daerah sangat terbatas untuk melakukan pembangunan sejumlah infrastruktur, karena itupula menurutnya Bangubsus sangat membantu mereka di daerah.

“Sebab semua bantuan yang diberikan Pak Gubernur mrmang bermanfaat seperti gedung olahraga ini,” imbuhnya.

Seperti diketahui mengawali kunkernya di Kota Lubuklinggau hari Minggu (26/2) pagi, Gubernur Sumsel H. Herman Deru meninjau panel both sejumlah pembangunan infrastruktur di Kota Lubuk Linggau melalui APBD Provinsi Sumsel Tahun 2021-2022 di halaman Taman Olahraga Megang (TOM).

Dalam kesempatan itu Gubernur Sumsel H. Herman Deru juga kembali menyerahkan Bangubsus Tahun 2023 untuk Kota Lubuklinggau senilai Rp37 miliar yang ditandai dengan penyerahan SK. Dengan adanya tambahan bantuan ini, Bangubsus yang telah dikucurkan sejak tahun 2021-2023 di Kota Lubuklinggau mencapai Rp156 miliar.

Adapun peresmian Taman Olahraga Megang itu ditandai dengan penekanan sirine dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru.(fer/rp)