Terkuak! Ada Harta Karun Luar Biasa Bernilai di Jawa Tengah

34
Ilustrasi tambang.Foto: Arbi Anugrah

Jakarta – Badan Geologi Kementerian ESDM mengungkap temuan sumber daya litium di wilayah Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah. Litium merupakan komoditas penting untuk kendaraan listrik sehingga komoditas ini menjadi ‘harta karun’ Indonesia.

Koordinator Mineral Pusat Sumber Daya Mineral, Batu Bara, dan Panas Bumi Badan Geologi Kementerian ESDM Moehammad Awaluddin mengatakan pihaknya akan memfokuskan kajian terhadap temuan tersebut.

“Jadi kita ke depan memprioritaskan yang di Bledug Kuwu, Grobogan, Jawa Tengah karena tadi seperti yang saya sampaikan hingga 1.000 PPM lebih. Dan itu kan dalam satu cekungan besar, artinya medan berburunya masih luas,” kata Awaluddin di Jakarta, Kamis (7/12/2023).

Dia menjelaskan, sumber daya ini ditemukan di brine system. Dia menambahkan, pihaknya akan melakukan kajian lebih jauh.

“Itu brine system juga, jadi kita mengambil sampel dari lumpur, dari air. Jadi ketika dikeringkan sekitar berapa hari itu kadarnya bisa meningkat 10 kali lipat. Jadi ini menjadi cukup menarik dan cukup luas cekungannya ke depan kita akan melakukan studi lebih jauh geokimia, geofisika atau hidrologinya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya juga menemukan sumber daya boron. Komoditas ini bisa digunakan untuk pengembangan bahan bakar hidrogen.

“Hydrogen fuel, itu ada istilahnya fuel pack nya itu membutuhkan salah satunya boron,” katanya.

Dia mengatakan, kajian di Bledug Kuwu sudah dilakukan sejak 2020. Namun, kajian tersebut terputus karena pandemi COVID 19.

“Sebenarnya sejak tahun lalu sejak 2020 ya sebenarnya terputus COVID kita lanjut tahun ini 2023 dan menghasilkan beberapa hasil lab yang menggembirakan,” katanya.
(acd/hns/detik)





34 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini