Terpilih Mewakili PT KPI, Perliansyah Mengabdi di Namlea Maluku Sebagai Relawan Bakti BUMN Batch IV

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Jiwa pengabdian sejatinya telah tertanam kuat di dalam diri setiap insan BUMN. Sebagai implementasi Core Values AKHLAK, para Perwira Pertamina bukan hanya memiliki sikap profesionalisme yang tinggi dalam bekerja, namun juga memiliki rasa kepedulian yang tinggi terhadap isu-isu pemberdayaan masyarakat.

Seperti yang dijalankan Perliansyah, perwira PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju yang terpilih sebagai salah satu Relawan Bakti BUMN Batch IV. Perli bersama 9 relawan yang terpilih lainnya mengabdi di salah satu sudut Provinsi Maluku, tepatnya di Desa Kaiely, Kecamatan Teluk Kaiely, Kabupaten Buru.

Sebagai milenial PT KPI, Perli dan rekan-rekannya mengabdi di Maluku selama empat hari sejak 14-18 Agustus 2023 dalam program yang dihelat oleh Kementerian BUMN kesekian kalinya ini.

Program Bakti BUMN Desa Kaiely, Namlea, Maluku ini dihadiri langsung oleh Tedi Bharata selaku Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN.Tedi Bharata juga memberikan arahan secara langsung kepada Tim Relawan serta menandatangani prasasti renovasi TPQ, dan melakukan penanaman pohon bersama di Benteng VOC.

Para relawan di Namlea bersentuhan langsung dengan masyarakat. Apalagi saat mereka menjalankan program sosial dan kemasyarakatan seperti berkunjung ke penyulingan minyak kayu putih, sentra UMKM, upaya pelestarian lingkungan. Selain itu, mereka juga mensosialisasikan pencegahan stunting dan perbaikan sarana umum.

Seleksi setiap batch pun dilakukan secara ketat untuk menyaring antusiasme calon peserta begitu besar, dimana ribuan milenial BUMN mendaftar dan hanya 100 yang terpilih yang dapat mengikuti kegiatan. Perli merasa bangga dapat mewakili PT KPI dalam agenda kebaikan ini.

“Alhamdulillah, menjadi suatu kebanggaan dapat mewakili perusahaan, terpilih dalam program Relawan Bakti BUMN batch IV yang merupakan ladang untuk berlomba-lomba dalam kebaikan,” kata Perli. Ia bangga dapat membawa nama baik perusahaan di antara BUMN lainnya dalam mengenalkan Pertamina kepada masyarakat di Desa Kaiely.

Dikutip dari Antara, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan pesan terhadap Relawan Bakti BUMN. “Kementerian BUMN mendorong para pegawai BUMN untuk selalu mengimplementasikan AKHLAK, tidak hanya di lingkungan kantor, namun juga di lingkungan masyarakat di manapun mereka berada, sehingga Bakti BUMN dapat secara nyata dirasakan oleh masyarakat, tidak hanya melalui BUMN sebagai sebuah korporasi, namun juga dalam kontribusi langsung para Insan BUMN kepada masyarakat,” ujar Erick.

Pada tahun ini, program dilaksanakan di 10 titik lokasi yaitu Meunasah-Aceh, Pandeglang-Banten, Sukabumi-Jawa Barat Sragen-Jawa Tengah, Kulonprogo-DIY, Malang-Jawa Timur, Penglipuran-Bali, Lombok, Namlea-Maluku dan Jayapura-Papua dengan melibatkan 100 relawan yang merupakan karyawan dari 54 BUMN.

Perli berharap, dengan kehadiran dan partisipasinya pada Batch IV ini, dapat memberi warna baru dan menorehkan legacy dalam program pengabdian yang digagas Kementerian BUMN ini. “Perubahan besar berasal dari perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten, torehkan legacy yang terbaik untuk Indonesia,” tutupnya.(adi/rp)