Tidak Ada lagi Zona Merah, 1 Juni Jawa Barat Terapkan New Normal

0
foto ilustrasi (foto dok rakyat pembaruan)

BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengungkapkan sebagian wilayah di Jawa Barat bakal menerapkan tatanan kehidupan normal baru atau new normal mulai Senin, 1 Juni 2020.

Demikian hal itu diungkapkan Ridwan Kamil melalui akun twitternya @ridwankamil. Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut menyampaikan penerapan New Normal diterapkan karena sudah tidak ada zona merah Virus Corona atau Covid 19 di Jawa Barat.

“Sudah tidak ada lagi yang di zona merah. Sudah 14 hari Indeks Reproduksi Covid ada di rata-rata 1,” kata Kang Emil dalam cuitannya pada Kamis (28/5).

Mantan Wali Kota Bandung itu menambahkan, sebanyak 60 persen kabupaten atau kota di Jawa Barat saat ini berada di zona biru. Sedangkan 40 persen sisanya berada di zona kuning.

Oleh karena itu, wilayah yang ada di zona biru akan mulai menerapkan new normal. Sementara untuk daerah yang masuk zona kuning akan ada perpanjangan masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) hingga 12 Juni 2020.

Menurut Kang Emil, pelaksanaan new normal akan dilakukan secara bertahap. Termasuk pada beberapa aktivitas masyarakat yang diizinkan untuk kembali beroperasi.

“Dilakukan secara perlahan, bertahap dan hati-hati. Rumah ibadah dan industri dulu (beroperasi), baru toko, restoretail, dan mal,” ujar Ridwan Kamil.

Lebih lanjut, Ridwan Kamil mengatakan, meski selama dua hari terakhir indeks reproduksi Covid-19 di Jawa Barat berada di level 0,97, namun pihaknya akan melakukan pelacakan dan pengetesan secara massif atau rapid test virus corona utnuk mencegah penularan.(kompas.tv)