Tiga Kandidat Calon Rektor Unsri 2023-2027 Lolos Dikirim Ke Menteri

0
Foto dari kiri ke kanan: Prof Taufiq Marwa, Prof Iskhaq Iskandar, Prof Alfitri dan Prof Muslim foto bersama usai penyampaian visi misi di hadapan anggota senat. (foto Ferdinand/rakyatpembaruan)
Panitia penyelenggara paparan visi misi para kandidat calon rektor foto bersama Ketua Senat Unsri Prof Ir Subriyer Nasir, MS PHD. (foto Ferdinand/ rakyatpembaruan)

PALEMBANG, rakyatpembaruan.com

Kandidat nomor 1 Bakal calon Rektor Unsri, Profesor Muslim dinyatakan gugur sebagai kandidat dalam Pemilihan Rektor (Pilrek) Unsri 2023. Profesor Muslim tereliminasi dalam sidang senat tertutup dengan agenda penyaringan yang dihadiri pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Sementara 3 kandidat lainnya berhasil lolos pada tahapan penetapan dalam sidang senat tertutup bersama Menristek Dikti.

Mereka adalah Prof. Dr. Taufiq Marwa, SE. M.Si (Wakil Rektor II), Prof. Dr. Alfitri, M.Si., (Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Prof. Dr Iskhaq Iskandar MSc (Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II Sumsel, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung).

Dalam sidang senat ini, Prof Taufiq Marwa menempatkan suara terbanyak yakni 36 suara, kemudian Prof Iskhaq Iskandar meraih suara terbanyak kedua yakni 14 suara. Kemudian Prof Alfitri ada 12 suara dan terakhir Prof Muslim hanya meraih 9 suara.

Sebelumnya, para kandidat memaparkan visi misi dan program kerja bakal calon Rektor Unsri. Dalam pemaparan tersebut dihadiri oleh Pejabat Kementerian dan sivitas akademika Unsri, Ikatan Alumni Unsri, dan Forkopimpda.

Ketua Senat Unsri Prof. Ir. Subriyer Nasir, MS.,PH.D menyebut jika Pilrek Unsri masuk pada tahap penyaringan dengan agenda visi, misi dan program kerja dari bakal calon Rektor Unsri.

“Anggota senat Unsri yang hadir ada 66 orang dari 77 orang, 6 orang izin karena menunaikan Ibadah Haji,” jelasnya.

Lebih jauh kata Prof Subriyer Nasir, pemaparan visi dan misi serta program kerja ini untuk memilh 3 dari 4 calon bakal Rektor Unsri.

Tiga nama bakal calon rektor Unsri ini akan dibawa ke Menteri, Senat bersama Menteri akan melaksanakan Rapat Senat Tertutup dalam rangka pemilihan Rektor pada 28 Juli-4 Agustus 2023 nanti. (fer/rp)