Tilang Manual Sementara Tak Berlaku saat Libur Natal dan Tahun Baru

19
Kapolri (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta – Tilang manual sementara tidak diberlakukan saat libur Natal dan Tahun Baru 2024. Polri hanya akan menyampaikan teguran kepada masyarakat yang melakukan pelanggaran.

Kebijakan itu disampaikan langsung Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai mengikuti rapat kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023). Kapolri mengimbau masyarakat untuk berhati-hati selama di perjalanan.

“Kemudian juga saya sampaikan juga di rangkaian kegiatan Nataru ini kami tentunya mengimbau masyarakat untuk hati-hati di jalan karena yang namanya keselamatan itu tetap harus dijaga, kita harus melakukan pengaturan-pengaturan apabila ada yang melanggar kita akan imbau, kita tegur, kita ingatkan,” ujar Kapolri.

Meski tidak ada tilang manual, Kapolri berharap masyarakat saling mengingatkan mengenai pentingnya keselamatan berlalu lintas. Kapolri berharap semua yang melaksanakan mudik Nataru bisa sampai ke tujuan dengan lancar.

“Untuk sementara kami tidak memberlakukan tilang manual namun harapannya masyarakat betul-betul saling menghormati, menjaga masyarakat lain yang menggunakan jalan sehingga keselamatan antara pengguna jalan semuanya bisa kita jaga,” kata Kapolri.

Terkait pengamanan libur Nataru ini, Kapolri menyiapkan Operasi Lilin yang berlaku pada 22 Desember 2023-2 Januari 2024. Sebanyak 129 ribu personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan libur Nataru.

“Ada beberapa hal yang menjadi catatan kita, karena yang pertama tentunya akan ada kegiatan pergeseran masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan libur Nataru kurang lebih ada 107,6 juta masyarakat yang tentunya ini harus kita kelola dengan baik sehingga di dalam proses perjalanannya betul-betul bisa berjalan aman dan lancar,” kata Kapolri.

“Oleh karena itu, Polri tentunya mempersiapkan operasi untuk melaksanakan kegiatan pengamanan pengawalan terkait dengan rangkaian kegiatan natal dan tahun baru dengan melaksanakan operasi lilin yang kita laksanakan mulai dari tanggal 22 Desember-2 Januari di mana kegiatannya melibatkan kurang lebih 129.923 personel baik Polri TNI maupun seluruh stakeholder terkait,” lanjut Kapolri.

Kapolri juga akan memberlakukan rekayasa lalu lintas pada arus mudik dan arus balik di masa Nataru. Rekayasa lalin mulai dari one way hingga contraflow.

“Tentunya kita akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan contraflow sampai dengan one way dan ini tentunya kita sudah memiliki rumus traffic counting yang kemarin sudah kita coba pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri,” ucapnya.

Kapolri Pastikan Keamanan Perayaan Natal

Selain itu, Kapolri memastikan jajarannya siap mengamankan perayaan dan ibadah Natal 2023. Personel gabungan dikerahkan untuk mengamankan jalannya perayaan Natal.

“Kita juga tentunya memiliki tugas untuk melaksanakan pengamanan terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh umat Nasrani untuk merayakan Natal, baik di malam tanggal 25 ataupun tanggal lain yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan perayaan Natal dan ibadah,” kata Kapolri.

Kapolri mengatakan jajarannya bakal mensterilisasi tempat ibadah yang akan digunakan umat Nasrani. Polri juga siap memfasilitasi umat Nasrani yang hendak beribadah.

“Oleh karena itu tentunya personel-personel Polri kita persiapkan termasuk juga bagaimana kita melakukan sterilisasi terhadap tempat-tempat ibadah yang akan digunakan untuk melaksanakan kegiatan ibadah Natal dan juga tentunya memfasilitasi manakala di suatu tempat orang yang akan melaksanakan atau umat yang akan melaksanakan kegiatan ibadah terganggu karena tidak ada tempat maka kewajiban dari Forkompimda, pemerintah daerah untuk memfasilitasi,” kata Kapolri.

Dia menyampaikan pihaknya mengantisipasi pergerakan masyarakat yang terjadi selama libur Nataru. Selain itu, Kapolri memitigasi adanya kampanye saat momen libur Nataru.

“Kemudian kita juga akan menghadapi puncak akhir tahun di mana seluruh kegiatan masyarakat tentunya akan melaksanakan berbagai macam kegiatan mulai dari merayakan tutup tahun, ada juga yang melaksanakan kegiatan ibadah. Di sisi lain juga kita sedang menghadapi rangkaian kegiatan kampanye sehingga ini juga menjadi perhatian kita,” ujar Kapolri.

(knv/detik)





19 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini