Tips Merawat Motor Honda Ala Astra Motor Sumsel

0
Foto Ferdinand/ rakyatpembaruan.com

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Kebutuhan mobilitas yang tinggi mengharuskan bikers untuk selalu memastikan kondisi sepeda motor tetap prima. Sebagai partner berkendara, motor yang prima akan menunjang aktivitas sehari – hari sehingga merawat sepeda motor adalah sebuah langkah penting untuk menjaga kinerja, keandalan dan performa motor. Maka dari itu, bikers perlu memahami hal – hal dasar perawatan motornya sehingga motor yang digunakan sehari – hari dapat bekerja secara optimal.

Berikut ini adalah beberapa tips perawatan sepeda motor Honda ala Astra Motor Sumsel yang dapat membantu menjaga kondisi dan kinerja motor Anda :

1. Ganti Oli Secara Teratur
Oli yang baik sangat penting untuk melumasi mesin dan menjaga suhu yang tepat. Lakukan penggantian oli sesuai dengan jadwal yang dianjurkan dan pastikan oli yang digunakan adalah produk asli AHM Oil.

2. Periksa dan Bersihkan Filter Udara
Periksa filter udara secara teratur dan bersihkan atau ganti jika terlalu kotor. Filter udara yang kotor dapat menghambat aliran udara ke mesin dan mempengaruhi kinerja motor.

3. Periksa Kondisi dan Tekanan Ban
Pastikan ban dalam kondisi baik dan tekanan udara sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Ban yang kurang tekanan dapat mempengaruhi kinerja, pengendalian, dan konsumsi bahan bakar motor.

4. Periksa Sistem Pendingin
Pastikan sistem pendingin pada motor berfungsi dengan baik dan cairan pendingin berada pada level yang tepat. Jika tidak, maka mesin akan mengalami overheat yang dapat merusak mesin, jadi pastikan tidak ada kebocoran atau masalah lain pada sistem pendingin.

5. Cek Sistem Rem
Rem motor adalah aspek penting dalam keselamatan berkendara. Periksa dan pastikan kampas rem, cakram, atau tromol dalam kondisi yang baik. Jika ada kebisingan aneh atau masalah lain, segera periksakan ke bengkel.

6. Periksa Sistem Baterai
Pastikan kabel aki terhubung dengan baik dan tidak ada korosi pada terminal. Periksa juga level air aki jika menggunakan tipe aki konvensional. Jaga aki tetap terisi penuh dan bersih dari kotoran.

7. Periksa Sistem Lampu dan Kelistrikan
Periksa lampu depan, lampu belakang, dan lampu sein secara teratur untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik. Periksa juga sistem pengisian dan aki untuk memastikan sistem kelistrikan berjalan dengan baik.

8. Jaga Kebersihan Motor
Jaga motor tetap bersih dengan mencucinya secara teratur. Hindari penggunaan air bertekanan tinggi yang dapat merusak komponen elektronik. Gunakan produk pembersih yang aman untuk permukaan cat dan bagian motor lainnya.

Bikers wajib memastikan untuk melakukan perawatan secara teratur agar kondisi motor tetap optimal dan segera menangani masalah kecil pada motor sebelum menjadi masalah yang lebih serius.

“Dengan melakukan perawatan pada motor tentunya akan membuat bikers merasa lebih aman dan nyaman saat berkendara. Bikers pun harus memastikan untuk melakukan perawatan motor Honda di bengkel resmi AHASS karena sudah terjamin kualitas dan keaslian produknya serta dilakukan oleh mekanik handal” ungkap Anton Prihatno selaku Technical Service Manager Astra Motor Sumsel.(adi/rp)