Tol Pekanbaru-Bangkinang 58 KM Rampung, Waktu Tempuh Bisa 30 Menit

0
Pintu Tol Pekanbaru-Bangkinang. ANTARA/HO-Diskominfotik Riau.
Jakarta – Proyek Tol Pekanbaru-Bangkinang rampung. Project Director Tol Pekanbaru-Bangkinang Bambang Eko memastikan jalan tol sepanjang 40 km itu sudah selesai 100% konstruksinya.

Mengutip Antara, ruas tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan bagian dari jalan Tol Trans Sumatera ruas Pekanbaru-Padang. Bambang Eko mengatakan pihaknya tinggal menunggu waktu peresmian kemudian jalan tol mulai bisa dijajal.

“Konstruksi pekerjaan fisik proyek tol tersebut sudah 100%, tunggu jadwal peresmiannya saja,” kata Bambang Eko dikutip dari Antara Selasa (13/9/2022).


Bambang Eko mengatakan pihaknya sudah mengantongi sertifikat layak fungsi dan layak pakai dari Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR untuk ruas tol tersebut.

Sertifikat tersebut menandakan jalan bebas hambatan yang menghubungkan ibukota provinsi dan Kabupaten Kampar tersebut sudah tidak ada masalah dan siap digunakan.

Jalan tol ini akan menjadi akses masuk Sungai Pinang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar hingga pintu keluar menuju Kota Bangkinang.

“Kalau memang akan dioperasikan, kami sudah siap dan sertifikat layak pakai sudah ada,” kata Bambang Eko.

Sebagai informasi, sebelumnya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah mengumumkan akan mengoperasikan sebanyak 6 ruas tol baru sepanjang 87 km. Satu di antaranya seksi ruas tol yang menghubungkan Pekanbaru-Padang, yakni Pekanbaru-Bangkinang.

Pernyataan tersebut disampaikan Staf Ahli Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan sekaligus Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja pada Kamis (8/9).

Tol Pekanbaru-Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki jalan utama sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area.

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya lebih singkat atau 30-45 menit.

(hns/hns/detik)






LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here