Tol Pertama di Jambi Dikebut Kelar 2024, Pangkas Waktu Perjalanan Jadi 1,5 Jam

0
Tol Bayung Lencir-Tempino/Foto: ANTARA FOTO/ WAHDI SEPTIAWAN
Jakarta – Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dengan panjang keseluruhan mencapai 169,9 km. Jalan tol itu akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi.

Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini sedang dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino sepanjang 34 km dan ditargetkan selesai 2024. Ini merupakan tol pertama di Provinsi Jambi, menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung.

“Untuk progres konstruksi Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino saat ini telah mencapai 29,12 km ditargetkan selesai pada tahun 2024 mendatang,” tulis keterangan resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Sabtu (9/12/2023).

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino merupakan upaya besar pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera. Keberadaannya disebut dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4-5 jam menjadi 1,5 jam. Sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

“Jalan Tol yang merupakan salah satu proyek strategis nasional (PSN) ini telah mendapat dukungan masyarakat, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah sehingga diharapkan selesai tepat waktu sesuai dengan target penyelesaiannya dan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucapnya.

Jalan Tol Betung-Tempino-Jambi dibangun dengan 2 skema pembiayaan konstruksi yakni melalui Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sepanjang 136,3 km dan dukungan konstruksi pemerintah sepanjang 34 km.

(aid/eds/detik)




TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini