Universitas Sriwijaya dan Polda Sumsel Sepakat Tandatangani Nota Kesepahaman Tahun 2024

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Universitas Sriwijaya (Unsri) dan Kepolisian Daerah Sumatera Selatan (Polda Sumsel) sepakat menandatangani perpanjangan nota kesepahaman (MoU) tentang kegiatan bantuan pengamanan, penegakan hukum, pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

Nota kesepahaman ditandatangani oleh Rektor Unsri, Prof. Dr. Taufiq Marwa, S.E., M.Si dan Kapolda Sumsel, Inspektur Jenderal Polisi A. Rachmad Wibowo, S.I.K bertempat di Ruang Vicon Gedung Utama Presisi Polda Sumsel Palembang, Selasa (23/1/2024).

Adapun ruang lingkup kerja sama yaitu, bantuan pengamanan; program pendidikan lanjutan (tugas belajar) bagi anggota Kepolisian Daerah Sumatera Selatan; kerjasama penelitian dan pengabdian di bidang hukum dan bidang lainnya demi terwujudnya kesadaran hukum bagi masyarakat serta meningkatkan profesionalisme anggota Polri; dan program pelatihan tertentu bagi para pihak.

Rektor Unsri mengatakan kedatangannya ke Polda Sumsel untuk melanjutkan kerjasama yang selama ini sudah terjalin sangat baik.
“Saya atas nama pimpinan Universitas Sriwijaya menyampaikan terima kasih yang sebesar – besarnya kepada Kapolda dan jajaran yang telah bersedia menerima kami disela – sela kesibukannya. Kami yakin pak Kapolda sudah memahami, banyak hal yang sudah diberikan pihak Polda Sumsel kepada Universitas Sriwijaya, terutama sesuai tugas dan fungsi kepolisian diantaranya kami telah dibantu untuk pengamanan objek vital Universitas Sriwijaya, atas bantuan ini kami ucapkan terima kasih yang sebesar – besarnya.

Demikian juga kami di lembaga pendidikan yang mempunyai tugas tri dharma perguruan tinggi, pendidikan, penelitian, dan pengajaran alhamdulilah juga sudah bergandengan tangan dengan pihak kepolisian untuk menjalankan fungsi kami tersebut. Harapannya mudah – mudahan kedepan dengan kerjasama ini kita bisa memberikan sumbangsih, sekali lagi terima kasih atas penerimaannya mudah – mudahan penandatanganan nota kesepahaman ini bisa berjalan dengan baik dan bisa ditindak lanjuti,” Ujar Rektor.

Sementara itu, Kapolda Sumsel menyambut baik perpanjangan kerjasama yang sudah terjalin dengan Unsri. Dalam sambutannya, ia mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan pada seluruh elemen masyarakat.
“Kami juga menerima segala masukan, mungkin pelayanan kami masih banyak yang belum memuaskan tapi yang paling penting dari MoU ini adalah niat dari pemilik objek untuk mengamankan objeknya sendiri. Makanya kita ada community policing, kita mempolisikan masyarakat, dan itu sudah mulai hilang. Dulu kita ada pos ronda, sekarang pos ronda sudah jarang, dulu kita lihat tamu lebih dari 1×24 jam lapor, sekarang itu sudah tidak ada lagi. community policing, jadi masyarakat melakukan kegiatan – kegiatan pemolisian di lingkungannya masing – masing.

Demikian sambutan dari saya, mohon maaf jika ada kata – kata yang kurang berkenan, kita sama – sama berdoa semoga Universitas Sriwijaya terus menjadi universitas terbaik di Indonesia bahkan di dunia dan menghasilkan putra – putri Indonesia yang berkompeten dan berkemampuan membangun bangsa,” pungkasnya.

Penandatanganan MoU turut dihadiri Karo OPS, Karo SDM, Dir Pam Obvit, Kabid Kum, dan Kabid Humas di lingkungan Polda Sumsel, sementara dari Unsri dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerjasama, Ka BUK, Ka BPHM, dan Ketua UPT KLI Unsri. (Adi/rp)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini