Universitas Sriwijaya Raih Penghargaan UI GreenMetric World University Rangking

0

Palembang, rakyatpembaruan.com-

Universitas Sriwijaya (Unsri) meraih penghargaan sebagai institusi dengan Three Point Five (3.5) of Five (5) Trees Rating UI GreenMetric World University Rangking. Unsri juga mendapatkan Certificate of Compliance dari UI GreenMetric. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Chairperson of UI GreenMetric, Prof. Riri Fitri Sari, M.M., M.Sc Kepada Tim Green Metric Unsri secara daring bertempat di Ruang Rapat 1 KPA Bukit Besar Palembang, Jumat (17/11/2023).

Unsri ditetapkan sebagai institusi pendidikan tinggi yang memenuhi 6 kriteria yang ditetapkan UI GreenMetric World University Rankings dalam program berkelanjutan. Penghargaan tersebut diberikan setelah beberapa kali assessment meeting dan melalui analisa yang mendalam oleh pihak UI GreenMetric. Adapun 6 kategori yang dinilai yaitu Pengaturan infrastruktur (Setting Infrastructure), pengelolaan limbah (Waste Management), Pengelolaan Air (Water Management), Energi dan Perubahan Iklim (Energy and Climate Change), Transportasi (Transportation), serta Pendidikan dan Penelitian (Education and Research).

Sebelum penyerahan penghargaan, Tim Green Metric Unsri melaksanakan UI Green Metric Service Package 3rd Meeting yang juga digelar secara daring. Tim GreenMetric Unsri yang diketuai oleh Prof. Dr. Ir. M. Said, M.Sc ini menyampaikan updating terkait pengisian kuisioner di web UI Green Metric dan memaparkan upaya – upaya yang dilakukan Unsri terutama untuk menjadi sustainable campus terkait dengan 6 kategori.

“Kami mengikuti kegiatan UI GreenMetric ini untuk memberikan dorongan yang penuh kepada universitas, terutama di dalam kita menjadikan green campus. Kita dipacu terus, apa yang menjadi kekurangan kita dari meeting – meeting sebelumnya dari Prof. gunawan dan Prof. Yuni sangat membantu kami dalam membuat perencanaan kedepan. Terutama apa-apa yang perlu kami tingkatkan kembali. Kita juga meningkatkan terkait pengembangan infrastruktur. Tahun ini kita lihat ada manfaatnya dari embung yang kita punya itu menjadi sumber air yang digunakan oleh masyarakat, juga dimanfaatkan untuk sumber air oleh BPBD untuk mengatasi kebakaran hutan dan lahan gambut, alhamdulillah kita bisa turut berkontribusi.

Dan kami masih melanjutkan green program, penghijauan – penghijauan dibeberapa lahan yang marginal, juga renewable energi sepeda menggunakan listrik dan motor listrik, ini juga untuk menghindari polusi udara. Kami sangat berterima kasih sekali dibimbing oleh tim yang sangat baik dari UI GreenMetric,” Ujar Prof Said.

Pada kesempatan itu Tim GreenMetric Unsri berdiskusi dengan dua orang Assesor UI GreenMetric yaitu Prof. Ir. Gunawan Tjahjono, M.Arch. Ph.D dan Dr. Krisyuningsih Krisnandi, S.Si. M.Sc. tentang beberapa perkembangan yang telah dilakukan oleh Tim Unsri.

“Izinkan saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Unsri untuk mengambil paket pelayanan kami, dengan demikian kita bisa saling belajar. Sesungguhnya Palembang memiliki keistimewaan, memiliki sungai musi yang luar biasa dan menjalankan LRT duluan dari jakarta dan sekitarnya. Saya kira ini banyak hal yang perlu kita simak. Kita telah sampai diujung perjalanan pelayanan ini tetapi bukan yang terakhir, dengan unsur perjalanan ini pertemuan ketiga kita ini. Banyak hal yang bisa kita saling pelajari dan telah membuahkan, jadi umpan balik yang telah disampaikan oleh Unsri kami catat untuk memperbaiki kuesioner kami yang nanti akan diluncurkan untuk sama – sama di dunia merasakannya. Ini merupakan manfaat yang luar biasa yang saya kira jarang bisa kita temukan kalau tidak melalui acara – acara seperti ini.

Saya bersyukur bisa berada diantara teman – teman cendikia yang berada di luar Pulau Jawa ini. Sumatera pulau yang sangat besar, sangat kaya, berlimpah sumber daya alam, dan juga manusianya. Unsri merupakan salah satu institusi pendidikan tinggi yang sangat baik, sangat terkenal unggul di Sumatera dan merintis kegiatan go green ini. Kami sangat syukuri kami punya teman berjuang disana. Kami ucapkan banyak terima kasih dan penghargaan setinggi – tingginya kepada teman – teman dan kolega di Universitas Sriwijaya,” Ujar Prof. Gunawan.

Penyerahan sertifikat penghargaan tersebut dihadiri juga oleh Dekan, Wakil Dekan, Ka BUK dan Ka BPHM, Kepala UPT, dan Tim Green Metric Universitas Sriwijaya.

(Adi-rp/Ara-Hms unsri)