Viral Haji Isam Beli Pesawat Boeing Rp 1,5 Triliun Pakai Kaus Oblong

0
Jakarta – Nama pengusaha asal Batulicin, Kalimantan Selatan Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam viral di media sosial. Nama Haji Isam viral lantaran aksinya pada 2018 lalu yang membeli pesawat Boeing dengan memakai kaos oblong.

Foto-foto saat Haji Isam beli pesawat Boeing pakai kaus oblong ramai beredar di media sosial Tiktok hingga Instagram. Ditelusuri detikcom, memang foto-foto tersebut benar adanya dan dipublikasikan langsung oleh Boeing di laman resmi perusahaan.

Dikutip dari situs resmi Boeing, Selasa (27/2/2024), produsen pesawat tersebut mengumumkan pemesanan unit Boeing Business Jet (BBJ) MAX 7 oleh perusahaan milik Haji Isam, Seacons Trading Ltd pada 17 Juli 2018.

Saat itu, Haji Isam ditemani oleh anggota DPR asal Kalimantan Selatan dari PKS Habib Aboe Bakar Al-Habsyi dan CEO Seacons Trading Ltd, Dudy Purwagandhi. Seacons Trading Ltd merupakan perusahaan yang berafiliasi dengan Johlin Group.

Dalam foto tersebut, Haji Isam menggunakan kaus oblong berwarna cokelat dengan merek Dolce & Gabbana. Ia berada di tengah sambil memegang semacam plakat pembelian yang ditandatangani.

Pihak Boeing menjelaskan, bahan bakar pesawat BBJ MAX dinilai lebih irit 14% berkat mesin canggih dan peningkatan aerodinamis. Model ini juga dilengkapi tampilan dek penerbangan bergaya 787 dan beberapa sistem yang canggih.

Pesawat BBJ MAX disebut menawarkan jangkauan, kenyamanan, dan ruang yang lebih luas kepada pelanggan dibandingkan jet bisnis mana pun di kelasnya. Jet ini mampu terbang sejauh 7.000 mil laut (12.964 km) dan interior yang dipersonalisasi untuk menyesuaikan preferensi dan kebutuhan apa pun.

“Kami senang Seacons Trading telah memilih kemampuan BBJ MAX yang terbaik di kelasnya,” kata Wakil Presiden Penjualan dan Pemasaran Komersial Boeing, Ihssane Mounir dalam siaran persnya kala itu.

“Keluarga BBJ MAX sangat cocok untuk pasar jet pribadi yang menuntut dengan kemampuannya dalam jangkauan yang unggul, efisiensi bahan bakar, dan ruang kabin yang lebih besar,” sambungnya.

Berdasarkan laporan Business Insider, diketahui harga baru pesawat Boeing BBJ MAX 7 berada di kisaran US$ 100 juga atau sekitar Rp 1,5 triliun (kurs Rp 15.000).
(fdl/detik)