Wamen ATR Ungkap Situasi Grup Kabinet di Tengah Isu Reshuffle Menteri

0

Jakarta – Isu perombakan atau reshuffle kabinet Indonesia Maju mencuat. Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Raja Juli Antoni mengungkap situasi grup komunikasi kabinet di tengah isu reshuffle.

“Tadi pagi saya lihat grup kabinet masih normal aja,” kata Raja Juli di gedung GRHA Oikoumene, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (3/10/2023).

Politikus PSI ini mengaku tak tahu soal isu itu. Raja Juli juga mengaku belum mendengar kabar perombakan kabinet terkait proses hukum yang sedang dilakukan KPK.

“Wah masa? wah jangan-jangan saya di-reshuffle?” katanya.

“Yang kemarin hubungannya dengan KPK ya, saya belum dengar,” sambung Raja Juli.

Sebelumnya, Ketua DPR RI Puan Maharani menegaskan perombakan kabinet atau reshuffle merupakan hak prerogatif Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, Puan mengaku melihat sinyal reshuffle karena ada kementerian yang sedang mengalami permasalahan hukum.

Hal itu disampaikan Puan usai menghadiri penganugerahan gelar doktor honoris causa untuk Ketum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri di UTAR, Selangor Malaysia.

“Reshuffle kabinet merupakan hak prerogatif presiden,” kata Puan di Selangor, Malaysia, Senin (2/10).

Puan kemudian bicara soal kementerian bermasalah dengan hukum. Dia menilai bisa saja reshuffle dilakukan terhadap menteri yang memimpin kementerian itu. Puan tak menyebut detail kementerian apa yang dimaksudnya.

“Namun kalau melihat apa yang terjadi akhir-akhir ini bahwa ada kementerian yang menjadi permasalahan hukum tentu saja cepat atau lambat akan terjadi reshuffle menteri pada kementerian tersebut,” ucapnya.

Jokowi kerap melakukan perombakan atau reshuffle kabinet pada Rabu Pon. Diketahui Rabu Pon jatuh pada 4 Oktober 2023. Jokowi juga sudah bicara soal isu reshuffle. Dia hanya bertanya dari mana isu itu muncul.

“Denger dari mana?” kata Jokowi saat dimintai konfirmasi soal kabar reshuffle usai acara Istana Berbatik, Jakarta, Minggu (1/10).

(amw/haf/detik)





TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini